Rabu, 04 April 2012

Skill Dan Keterampilan Valentino Rossi Dibandingkan Dengan Pembalap Lain

SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Skill Dan Keterampilan Valentino Rossi Dibandingkan Dengan Pembalap Lain
Hallo-hallo fans Ducati JB Rossi, setelah kemarin saya membawa aritan rumput dari kebon Pak Phoenix46, kini giliran rumput dari kebon Pak valeyellow46 yang saya angkut khusus untuk brotherhood semua.

Valentino Rossi merupakan pembalap MotoGP yang sering dan selalu diberitakan sebagai raja sirkuit motor - dewanya MotoGP. Sebenarnya apa saja skill maupun keterampilan The Doctor 46 ini dibandingkan dengan rider dan pembalap lainnya, baik di sirkuit lintasan MotoGP maupun di luar track sirkuit MotoGP? Berdasarkan otobiografi The Doctor 46, ada beberapa sejarah dan proses-proses panjang sehingga Rossi bisa memiliki title seperti itu. Berikut ini sedikit ulasan mengenai skill Rossi 46 sebagai raja balap MotoGP:

  1. Rossi adalah satu dari sekian pembalap MotoGP yang mampu meraih sukses luar biasa sejak usia mudanya, dari otobiografi, Rossi bisa mencapai cita-cita di atas cita-cita tertingginya, yaitu sejak kecil Rossi ingin menjadi pembalap sepeda minicross tercepat dunia, tetapi pada umur 23 tahun, Rossi telah mencapai lebih dari impian tertingginya, yaitu menjadi juara dunia MotoGP di berbagai kelas dan menggunakan pabrikan motor berbeda-beda, pada kelas 125 (Aprillia), 250(Aprillia), 500(Honda), MotoGP(Honda).
  2. Dan mulai tahun 2004 (Yamaha), 2005 (Yamaha), 2008(Yamaha), 2009(Yamaha). Sampai dengan tahun 2005 Rossi merupakan pembalap MotoGP yang mamapu memertahankan gelar juara dunia MotoGP lima (5)* kali secara berturut-turut tanpa jeda, dengan pabrikan motor yang berbeda-beda. Ini merupakan salah satu asset Rossi, yang mebedakan Rossi si 46 (The Doctor) dengan pembalap yang lainnya yang pernah ada di MotoGP. Ini merupakan barometer dominan mengapa Rossi sering diberi julukan raja sirkuit motor dewa motogp.

Max Biagi sebagai musuh bebuyutan Rossi dan berseteru hingga 2005 di kancah MotoGP pun pada akhirnya pernah melontarkan kata-kata seperti ini "Rossi mampu membuat motor menjadi kencang, bukan motor yang membuat rossi kencang di lintasan."

Apa artinya? Rossi memiliki kemampuan adaptasi dengan mesin motor sangat baik, sehingga Rossi tahu betul cara memaksimalkan motor di lintasan dengan setting dan setelan tertentu. Di tangan Rossi, kurva kecepatan dan laju motor bisa compatible dengan kondisi aspal dan cuaca maupun suhu sirkuit, terutama sebelum MotoGP didominasi oleh perangkat dan piranti elektronik. Motor benar-benar kencang dengan maksimal sesuai dengan kondisi motor dan konfigurasi mesin saat itu.

Mengapa Biagi berkata demikian. Pada saat 2004 Rossi pindah ke Yamaha, Biagi pernah berkelakar dan mengancam Rossi, bahwa dengan memutuskan pindah ke Yamaha dari Honda, akan membuat Rossi tidak bisa tersenyum lagi di atas podium tertinggi MotoGP, dan pada saat itu Biagi pindah dari Camel Yamaha ke Honda tim pabrikan utama. Biagi berjanji dengan entengnya akan menghabisi Rossi di lintasan balap MotoGP.

Lalu bagaimana kenyataannya? Pada kenyataannya terbalik, dengan berbagai segudang pengalaman dan teknik menguasai sirkuit baik di dalam dan di luar arena sirkuit motor, justru Rossi-lah yang paling piawai menutup racing line Honda yang ditunggangi Biagi. Kecepatan motor Honda yang sangat ditakuti itu bisa dibungkam oleh Rossi yang saat itu menunggangi sadel Yamaha. Ini terjadi berturut-turut hingga tahun 2005 MotoGP, dan Rossi-lah yang tetap memegang gelar juara dunianya bersama Yamaha. I

Inilah salah satu dari beberapa teknis penting di sirkuit lintasan MotoGP yang akhirnya membuat Biagi benar-benar mengakui ketajaman dan skill seorang Rossi di lintasan MotoGP, dan membuatnya memberikan komentar "Rossi bisa membuat motor kencang, bukan motor yang membuatnya kencang,"

Apa dampaknya bagi Biagi sendiri dengan kekalahannya ini? Yah, pada tahun 2006 Biagi dikeluarkan dari Honda karena tidak menepati janjinya bahwa Biagi bisa menghabisi Rossi dan memegang gelar juara dunia, asalkan diberi motor kencang milik Honda yang pernah ditunggangi Rossi. Dalam keadaan inipun Biagi masih bisa berkomentar, bahwa "Motor Honda yang sekarang tidak sekencang yang ditunggangi Rossi", dan pabrikan Honda tetap pada keputusannya untuk mengeluarkan Biagi karena kenyataannya berkata lain.

Pada tahun 2006 Biagi tidak mendapatkan satupun sponsor untuk bisa mengikuti balap MotoGP, yang merupakan salah satu dari sekian syarat ketat, yaitu pembalap sebagus dan berkelas apa saja, jika tidak memiliki sponsor yang kuat maka pembalap tersebut tidak bisa masuk dalam gelaran kejuaraan MotoGP.

Sebaliknya untuk Rossi, setelah musim 2005 berakhir, semakin kuatlah Rossi sebagai raja MotoGP. Semakin banyak penggemarnya, karena Rossi tidak pernah sombong baik di dalam dan di luar lintasan. Rossi lebih senang dengan menyimpan kekuatan tersembunyi daripada memberitahukannya kepada yang lainnya. Rossi dan Yamaha semakin kebanjiran sponsor, karena dari dahulu, Rossi adalah magnet penonton di sirkuit MotoGP manapun. Dimanapun MotoGP digelar, siapapun juaranya, Rossi tetap jadi pusat magnet perhatian penggemarnya.

Sampai dengan tahun 2005 Rossi sering melakukan manuver-manuver aneh dan beresiko tinggi, yaitu menuntaskan balapan dan mengalahkan lawan pada lap-lap terakhir. Ini jelas-jelas pertunjukan yang beresiko, tetapi buat Rossi MotoGP seperti sinetron katanya. Bagaimana caranya memacu adrenalin dan detak penonton pada akhir-akhir lap? Anda semua pasti ingat pada saat Jerez 2005, Pakisa 2005, Mugello 2005, Philips Island 2005, semua adalah ciri khas pertunjukan Rossi di atas lintasan balap MotoGP. Salah satu kemampuan yang sangat langka dimiliki pembalap lainnya, yang menjadikan MotoGP bukan arena pertarungan kencang-kencangan semata, tapi menjadi tontonan yang menarik dengan banyak estetika seni balap dan keindahan lekak lekuk sirkuit balap MotoGP.

Kelebihan teknis dari sekian kelebihan Rossi yang paling dominan dan paling dikenal sepanjang sejarah balap MotoGP hingga menjelang musim 2012 bergulir adalah kemampuannya menaklukan tikungan dengan debit kecepatan yang beragam dan kurva koordinat tikungan tertentu. Kemampuan Rossi inilah yang paling banyak membawa Rossi meraih rekor MotoGP.
Sebenarnya kemampuan menikung seperti apa yang dimiliki Rossi?

  1. Rossi adalah salah satu pembalap yang mampu melakukan manuver overtaking di semua sirkuit dari sisi dalam dan sisi luar. Jadi Rossi-lah yang beradaptasi membuka celah koordinat kurva tikungan dengan debit tertentu, meskipun racing line Rossi telah ditutup pembalap di depannya. Rossi seringkali melakukan manuver overtaking di luar dugaan dan prediksi pembalap lainnya, sehingga tipis sekali agar bisa betul-betul menutup dan mengunci racing line Rossi.

    Hanya jika motor lawan memiliki kecepatan yang jauh lebih pesat daripada motor Rossi, barulah pembalap itu bisa menang, atau memiliki style balap identik dengan Rossi untuk perimbangan, meskipun itu benar-benar sulit.

    Anda pasti tahu gaya balap pesaing Rossi. Mereka akan melesat cepat jika beradu head to head dengan Rossi, karena mereka tahu jika membalab berdekatan dengan Rossi sama artinya dengan memberikan ruang untuk Rossi menang. Rossi memiliki kemampuan balap jarak dekat yang sangat bagus dan berpengalaman, yaitu kemampuan untuk memilinimalisir benturan berlawanan arah pada saat motor benar benar menempel pada jarak yang tidak wajar, atau hampir bersinggungan.
  2. Pada tahun 2008 saat Dovisioso dan Lorenzo masuk pada kancah MotoGP, Dovisiozo pernah berkata “Rossi adalah pembalap yang piawai dan ahli mengendalikan roda/ban belakang. Menang melawan Rossi pada awal balapan adalah hal tak masuk akal dan gila, saya menang pastinya karena roda ban belakang Rossi sedang mengalami masalah, ini luar biasa."

    Rossi memiliki kemampuan power sliding. Apa itu power sliding? Teknik power sliding merupakan teknik dimana seorang pembalap mampu menggunakan nalurinya untuk bisa mengunci ban depan dengan titik pengereman tertentu pada saat masuk tikungan dan keluar tikungan dengan tetap mempertahankan rotasi ban belakang. Dengan teknik ini seorang pembalap bisa mencapai kecepatan yang tinggi dan stabil dengan kurva yang sempurna/bagus di luar batas debit yang telah diprogram dalam telemetri (terutama jika motor sudah menggunakan piranti elektronik).

    Teknik tersebut sangat sulit dilakukan karena jika tidak menguasai dalam kecepatan tinggi saat berada pada titik terdalam tikungan, resiko terbesar adalah keluar lintasan karena terplanting dan ban depan tidak bisa mengimbangi getaran atau vibrasi roda belakang. Resiko akan cepat menghabiskan ban. Teknik ini lebih sering digunakan pada sirkuit yang jarak totalnya lebih pendek dan butuh prediksi yang sangat matang. Rossi-lah dari sekian banyak pembalap yang bisa melakukannya. Apa buktinya? Coba anda lihat lagi pada saat Rossi bertempur dengan Biagi di SUZUKA Jepang 2003 dan Cataluna 2003, di situ terlihat sangat jelas power sliding yang dikeluarkan seoarang Rossi (The Doctor).
  3. Lorenzo berkata "Rossi memiliki kemampuan pengereman (late breaking) yang sangat sempurna dan mampu mempertahankan karisma saat berada di luar track, hal demikian adalah karakter yang sangat sulit ditiru, tapi sesulit apapun akan berusaha untuk aku mencobanya."

    Rossi memiliki kemampuan pengereman late braking, artinya Rossi bisa menggunakan teknik pengereman late (terlambat) sebelum masuk tikungan pada saat pembalap lain sudah menarik tuas remnya atau menggunakan engine breaking. Dan Rossi mampu melakukannya baik dari dalam maupun sisi luar lawannya. Ini yang membuat racing line Rossi sulit dikunsi pembalap lainnya. Untuk melakukan ini seorang pembalap harus tahu betul lintasan sirkuit yang dilaluinya. Ingat kata rossi "Kamu hanya akan melaju cepat jika kamu mengenal baik lintasanmu." Makna kata Rossi ini jika dijabarkan secara menyeluruh dan teknis akan sangat panjang, karena menyangkut banyak aspek teknik dalam dunia balap motor (breaking, engine breaking, power sliding, dll).
  4. Stoner pernah berkata saat diwawancarai, apa kelebihan Rossi yang Anda kagumi, stoner berkata "Rossi memiliki kemampuan balap jarak dekat yang sangat baik." Rossi memiliki kemampuan overtaking jarak dekat yang sangat presisi tanpa memaksa pembalap lain/lawannya keluar dari race linenya. Jadi manuver overtaking yang dilakukan murni, baik dari sisi dalam dan dari sisi luar saat masuk tikungan. Kemampuan Rossi inilah yang mungkin dimaksud dengan kemampuan jarak dekat.

    Coba saja perhatikan saat pembalap lainnya melakukan overtaking, kalau gak memaksa lawannya keluar racing line, bisa juga overtaking yang dilakukan menyebabkan ban belakang sliding. Tapi Rossi melakukannya sempurna dan sangat halus dengan presure dan tekanan tinggi saat bertanding di sirkuit. Coba anda lihat pada saat pertarungan MotoGP Rossi vs Lorenzo pada Cataluna 2009.
    Pada lap akhir, kemampuan balap jarak dekatnya dalam tipe ini sangat jelas terlihat, sampai sang komentator BBC mengatakan "The master was the master", padahal saat itu di atas kertas Lorenzo sudah pasti menjuarai seri Cataluna, tapi di tikungan akhir Rossi yang menjuarainya.
  5. Rossi memiliki kemampuan membuka dan menutup racing line lawannya dengan sangat cerdik (the doctor 46). Coba ingat pada saat 2008 di USA Laguna Seca, pertarungan yang oleh banyak media dan komentator dijuluki Man VS Machine.

    Skill membalap talenta khas Rossi diadu dengan kecepatan monster Ducati yang dibesut Stoner. Apa inti balapan sesungguhnya yang terjadi? Yah pada saat Rossi di depan Stoner, Rossi mampu menutup habis racing line Stoner, sehingga kecepatan monster Ducati Stoner bisa diredam dan terus berada di belakang Rossi.

    Pada saat tertinggal, Rossi menempel ketat dan membuka racing line Stoner dengan kemampuan balap jarak dekat dipadu dengan power sliding, hingga ban Rossi tipis, bisa dibilang di Laguna Seca semua skill Rossi dikeluarkan. Dan akhirnya sang doctor 46 Rossi menjuarainya dengan luar biasa fantastis seperti doktor habis membedah otak. Ini semakin menjadi magnet kuat Rossi sebagai maskot MotoGP ke seri-seri selanjutnya.

Bagaimana kiprah Rossi setelah ke Ducati 2012?? Meskipun dalam sesi latihan dan beberapa uji coba Rossi belum menunjukan skill terbaiknya?? Kita tunggu saja gelaran balap MotoGP yang sangat dinanti-nantikan seluruh penggemar MotoGP, terutama aksi Rossi.

Apakah akan bikin kejutan? "Nothing Imposible For This Man", biasanya Rossi memang memendam kekuatan tertentu sebelum benar-benar bertanding. Semoga saja akan ada perubahan yang lebih seru dan dahsyat. Dan mungkin itu adalah sekian dari beberapa skill khas Rossi yang menjadi indikator bahwa Rossi adalah raja balap MotoGP. Seperti prediksi Mc Doohan, bahwa "Rossi bisa menjadi pembalap terbaik sepanjang masa". Karena dalam kisaran umur Rossi, sudah banyak rekor yang terpecahkan, dan mungkin ke depan akan ada lebih lagi rekor-rekor yang mengkin terpecahkan melebihi pembalap terbaik pendahulunya.

Dan Rossi-lah salah satu pembalap yang bisa menjuarai banyak gelaran MotoGP, dengan pabrikan motor yang berbeda-beda. Mungkin sementara itu dulu, kurang lebihnya semoga informasi ini bermanfaat khususnya penggemar MotoGP, nantikan Motogp 2012 mulai tgl 8 APRIL 2012 di QATAR, semoga bisa lebih seru dan dahsyat.

(*) Terima kasih tak terhingga kepada Mbak red_apple untuk koreksi atas jumlah gelar juara dunia yang mampu dipertahankan berturut-turut Valentino Rossi. Semua kredit kepada Mbak red_apple
Rossifumi Ganbatte... Hakuna Matata...

11 komentar:

  1. Mas Srondol 46..bukannya Rossi itu pertahanin gelar 5x berturut2 tanpa jeda ya? kok 7x? taun 2001-2005 kan berturut2nya..jadi 5 donk, bukan 7?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada yang mengoreksi...
      Terima kasih sekali Mbak red_apple untuk koreksinya. Iya, benar jumlah gelar yang mampu dipertahankan berurutan lima (5), sebagaimana yang pernah dituliskan di post http://srondol46.blogspot.com/2012/03/development-skill-rossi-vs-stoner.html

      antara lalai, benar-benar tidak tahu, dan sengaja dibuat salah (supaya ada yg mengoreksi - test belaka)

      kpd semuanya, silakan dinilai sendiri ^_^
      ngeles[dot]com

      skali lagi, semua kredit kpd Mbak red_apple...
      matur nuwun

      Hapus
  2. Mantaffffffffffffffff....., go Rossi !!!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. hahahahha...jgn panggil mbak, ini saya pake akun adek saya,kmrn karena yg ON akun adek saya, jadi sy pake aja..hehe..saya Tito, mas Srondol46..hahhaha, saya big fans The Doctor. Mau tanya nih Mas Srondol46, kalo gak salah ingat di blog nya mas, tertulis kalau spanjang musim 2011, JB dan Rossi masih dimusuhi oleh beberapa kalangan Ducati. Mas Srondol46 dapet berita itu darimana? ada link nya kah? saya penasaran utk membaca nya. hehehe..terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho di motogp.com kan ada

      Hapus
    2. Ohh, ada yaa? judul artikel nya apa di motogp.com?

      Hapus
  4. mantabe en salute bacane tulisane....

    BalasHapus
  5. postingan yang seperti yang membuat semangat terus membela vale siang dan malam.. hik hik hik..
    Rossi forever..

    BalasHapus
  6. kalau ditanya siapa yg paling bertanggungjawab atas sebagian besar rossifumi indonesia yang sampai hari ini masih terjebak dengan kebodohannya mengagungkan vale?? jawabannya adalah blog ini (srondol46). jangan tersinggung ya, ini fakta

    BalasHapus
  7. wkwkwkwk,dr dulu aku senyum2 lihat ulasannya dn aku dah prediksi klo hasilnya ga akan seindah fantasi srondol. emang piawai srondol nyusun kata2 hingga terkesan ilmiah. tp sebagai non fumi, tentu kita tdk terbuai. krn kita lebih objektif menilai. srondol dg segala kecintaannya tentu hanya akan mengemukakan fakta (termasuk kejadian kecil dan sepele) yang menguntungkan citra positif VR, fakta yg jelek2 ga diulas, sementara untuk CS & JL dia berbuat sebaliknya.

    BalasHapus
  8. skill rossi kayak JEMBBUT KUDA, seumur hiduppun gak bakalan bisa juara dunia pakai ducati.

    BalasHapus