Selasa, 16 Oktober 2012

Honda: Tidak Ada ECU Tunggal di Tahun 2014

Honda: Tidak Ada ECU Tunggal di Tahun 2014
SALAM FANS DUCATI JB ROSSI
Hallo... Hallo Fans Ducati JB-Rossi sedunia... Apa kabarnya di sana? Semoga selalu sehat wal afiat.... Maaf Srondol tukang ngarit katrok tidak pernah update blog ini... Bukan karena "malu" Valentino tidak pernah "menang", tapi karena memang sok sibuk ngarit, hehe. Habis bangun dari kubur, srondol akan bawakan aritan dari kebon bro lien_cha, seorang yang mengaku sebagai "warga baru" di trit sakit mental 46. Sebelumnya, srondol sokteyu mu ngucapin selamat kpd sahabat srondol yang diberi anugrah putra pertama...
========================

Tarik ulur antara Honda dan Dorna mengenai regulasi masa depan kejuaraan dunia MotoGP masih menyisakan hasil yang belum pasti, namun meleburnya kejuaraan MotoGP dan Superbike di bawah naungan Carmelo Ezpeleta telah beralih dan mendukung perusahaan asal Spanyol tersebut (Dorna).

House of Tokyo (Honda) mengancam untuk meninggalkan Moto GP apabila peraturaan tersebut jadi diterapkan.

Ketersediaan ECU yang dibuat oleh Magneti Marelli untuk tahun depan tampaknya akan membuka jalan bagi MotoGP menggunakan elektronik standar namun Honda tidak akan menyerah dengan mudah seperti yang ditunjukkan oleh wakil presiden HRC Shuei Nakamoto dalam wawancara ini (antara Yoko Tagashi dengan Shuei Nakamoto).

Tolong ceritakan kepada kami, gosip di Paddock menyebutkan bahwa Anda tidak setuju dengan proposal mengenai single ECU dan pembatasan RPM yang akan diterapkan Dorna tahun 2014

SN: Ini hanya isu. Hubungan antara saya dan Ezpeleta sangat baik. Saya adalah orang yang telah menyarankan kepadanya untuk menggunakan ECU Magneti Marelli untuk CRT dan membantu untuk mengurangi kesenjangan dengan prototipe. Juga tak ada pengumuman resmi yang mengatakan bahwa ECU tunggal wajib di berlakukan kepada seluruh peserta moto GP di 2014.

Tapi Honda mengancam akan meninggalkan MotoGP ke SBK dalam kasus ECU tunggal. Tapi sekarang kedua kejuaraan tersebut telah disatukan dan Anda akan melawan sebuah dinding yang besar.

SN: Hal ini tidak akan terjadi karena ada aturan ECU tunggal tahun 2014. Dorna harus terlebih dahulu membahas peraturan teknis dengan MSMA (Asosiasi Produsen). Kami memiliki kontrak lima tahun dengan Dorna sampai 2016 dan ada klausul spesifik di sana. Dengan kontrak ini Dorna tak bisa berbuat apa apa tanpa persetujuan kami.

Memang benar bahwa Anda menentang ECU tunggal karena akan membatasi Anda menerapkan algoritma konsumsi bahan bakar yang telah dikembangkan secara luar biasa oleh sistem Anda sendiri?

SN: Saya menentangnya karena tidak mengurangi biaya seperti apa yang sudah dikatakan Dorna. Ini seperti Anda ingin beralih ke Macintosh setelah bertahun tahun bekerja dengan Windows sehingga kami harus merancang ulang semuanya. Sebagian besar data yang akan ditransfer secara otomatis tetapi Anda harus memastikan mereka sudah benar. Dan untuk hal ini kami membutuhkan banyak SDM.

Diluar sana banyak kabar yang beredar mengenai Honda akan kembali ke Formula 1 setelah meninggalkan MotoGP.

SN: Ini adalah suatu kebohongan karena saya tidak pernah mengatakan hal seperti itu dan bukan wewenang saya untuk membuat keputusan ini.

Apakah wacana untuk membuat MotoGP menjadi balapan murah masih terbuka?

SN: Ya, tetapi untuk sementara telah dihentikan. Ezpeleta telah setuju tetapi masih kurang mendapatkan dukungan dari para petinggi Honda. Jika kami menerima berarti kami ikut membalap untuk tahun 2014.

Apa yang terjadi di Misano?

SN: Situasi ini tidak ditangani dengan baik. Peraturan mengatakan bahwa jika lampu kuning menyala dan Anda langsung tancap gas saat start maka Anda harus start ulang setelah satu menit. Tetapi mekanik Ducati kembali ke trek dengan membawa cover electronik. Dani memiliki waktu kurang dari satu menit pada saat sinyal start kedua. Namun pada akhirnya Ezpeleta telah meminta maaf kepada Dani karena mereka tidak harus menghukum dia. Tapi kami tidak mengerti mengapa roda depan bisa terkunci. Mungkin ada sesuatu yang dimasukkan antara rem cakram dan bantalan rem.

Dengan selisih 28 poin berada di belakang Lorenzo dan menyisakan tiga balapan lagi apakah Anda pikir Dani masih bisa memenangkan kejuaraan ini?

SN: Dia mengatakan Anda harus mencobanya di tiap balapan. Apa pun bisa terjadi dan Jorge tidak mempunyai keyakinan untuk menang. Casey belum fit 100% tapi di Phillip Island dia akan siap. Kami tidak memberikan team order sehingga Dani harus mengalahkan dia di trek. Tetapi pada saat ini Dani pembalap yang berada dalam kondisi yang lebih baik dan saya berharap bahwa pembalap kami bisa memenangkan semua balapan yang tersisa.

Apa yang Anda harapkan dari Marquez?

SN: Saat ini Casey, Dani dan Jorge adalah pebalap dari planet lain. Tahun depan akan menyisakan satu podium karena pensiunnya Casey dan saya berharap kekosongan itu diisi oleh Marquez. Saya tidak bisa memaksakan dia langsung menang saat balapan pertama Moto GP di Qatar tetapi saya berharap dia mendapatkan podium.

Gmn pendapat agan-agan tentang rencana penggunaan ECU tunggal? Setujukah?

Rossifumi Ganbatte... Hakuna Matata...

0 KOMENTAR:

Posting Komentar