Kamis, 29 Maret 2012

Ban Faktor Krusial yang Menguntungkan Rossi

SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Ban Faktor Krusial yang Menguntungkan Rossi
Sebenarnya sudah ada brotherhood yang membahas sebelumnya, kalau tidak salah bro desmoporko46 di page 935, tapi inilah sebenarnya rahasia besar yang menguntungkan Rossi dengan gaya balapnya yang benar-benar tahu dengan performa ban dari jaman dahulu, sehingga saat lap lap terakhir bisa tetap fight dengan kecepatan yang sama saat ban masih bagus.

Inilah rahasia kenapa JB Rossi selalu menggunakan mesin BIGBANG yang karakternya bisa merasakan derita ban dibanding SCREAMER yang tidak bisa merasakan keausan ban... tah-tau ban jadi licin dan gampang jatuh, seperti yang dialami stoner saat duel dengan Rossi tahun 2008-2009.

Tidak banyak pembalap yang mampu mempertahankan kompon ban selama balapan. Pedrosa termasuk yang sering kehabisan grip ban dibeberapa laps terakhir. Stoner juga sering kehabisan kompon ban jika bertarung di lap-lap awal, itulah sebabnya Stoner lebih sering ngacir duluan didepan... Hanya Jorge yang cukup mampu memanage kompon ban selama balapan, walau belum sehebat Rossi di atas Yamaha/Honda.

Apa yang diungkapkan Jorge "tentang Ban" berikut akan menjadi Kunci Balapan sepanjang musim 2012:

Lorenzo reckons he will start his 2012 MotoGP campaign in better shape than ever before
http://www.autosport.com/news/report.php/id/98424
The crucial factor now is tyre degradation, They wear very quickly, you can feel the difference after some 10 laps already, and I think the final part of the races will be very difficult. The difference will be there. But I think unpredictable ends to the races will be a good thing for the show too.

["faktor krusial saat ini adalah degradasi ban, ban sangat cepat aus, kamu bisa merasakan perbedaan setelah 10 laps, dan saya pikir bagian akhir balap akan sangat sulit. perbedaan akan ada disana. Tapi saya pikir hasil akhir balap adalah sesuatu yang bagus untuk pertunjukan juga."]
-----------------------------------------

Apakah Rossi belum mengetahui hal ini? Ternyata malah sudah tahu sebelum test Sepang 1 dilangsungkan!! Apa ada yang menyadari hal ini?? Lupakah dengan kemampuan Rossi pindah ban tahun 2008?? Yang akhirnya malah diikuti dengan regulasi ban tunggal di 2009...

Kalau puzzle-puzzle digabungkan, maka podium Qatar satu minggu lagi bukanlah sebuah keajaiban. Atau masih ingat kisah 2008 (QAT5, SPA2, POR3, CHN1, FRA1, ITA1). Ya Rossi di Qatar posisi 5 dan baru di China bisa menang (seri ke-4). Ini karena kejeniusan JB Rossi dalam menilai kemampuan ban Bridgestone, padahal saat itu dicela habis-habisan sebagai "DALIH" kegagalan 2 tahun berurut (2006-2007) jadi juara dunia.

Dan apakah GP12 Phoenix dibuat sembarangan atau disesuaikan dengan sifat ban?
Silahkan baca pernyataan Rossi menjelang Test Sepang I, berikut:

Rossi: Mesin Ducati 2012 “indah sekali”
http://indonews.org/rossi-mesin-duca...-indah-sekali/
...Dengan kata lain, Bridgestone hanya menyediakan ban yang paling sesuai dengan mayoritas mesin yang cocok dengan lintasan, dan mayoritas mesin menggunakan sasis mesim alumunium twin-spar.
Salah satu faktor paling penting untuk menambah kecepatan adalah kecocokan ban dengan mesin, kami sudah bekerja keras dengan mesin motor untuk memperbaiki performa. Kami akan melihat apakah kami telah berhasil.

Rossi: Realistis, Belum Menargetkan Juara
http://www.gp-mania.com/rossi-realis...argetkan-juara
Salah satu hal paling penting adalah membuat ban cepat bekerja seperti yang seharusnya, sehingga bersama-sama dengan Filippo, kami sudah mencoba untuk datang dengan motor yang akan membiarkannya melakukannya sebaik mungkin. Kami akan melihat apakah kami sudah berhasil untuk hal itu. Semoga Bridgestone juga akan bekerja dengan kami dalam arah ini. Kami tidak perlu perubahan besar dari ban, hanya modifikasi kecil akan membantu untuk pembalap. Motor ini (GP12 Phoenix) sangat kuat, dan mesin yang lebih besar lebih menarik untuk dinaiki dan memungkinkan untuk beberapa sliding, jadi saya pikir itu perbaikan. Saya juga berharap mesin yang lebih kuat membantu pembalap (berbadan) lebih besar seperti saya & Hayden, karena kami kehilangan terlalu banyak dari pembalap yang lebih ringan pada era 800.
----

Ternyata GP12 Phoenix memang dibuat berdasarkan sifat ban Bridgestone yang baru... Inilah yang kadang-kadang tidak dipedulikan atau diperhatikan pihak lawan, bahwa Phoenix dibuat berdasarkan ban... Bukan ban yang menyesuaikan Phoenix. Yamaha M-1 2008 disempurnakan berdasarkan karakter ban Bridgestone & baru podium di seri ke-dua, & juara seri di China.

Dan bagaimana Performa Phoenix terhadap ban baru?
Valentino Rossi still far from the 'front'
http://www.crash.net/motogp/news/177...the_front.html
We found a more promising setting toward the end and I was able to repeat my fast time with a tyre that was very used, but it was already 5:30 and the temperature had dropped, so we decided to start working on it again tomorrow because we think there's a margin.

[Akhirnya kami menemukan sebuah setting yang menjanjikan dan saya bisa mengulang catatan waktu terbaik saya dengan ban yang sudah sangat aus, tapi waktu sudah menunjukkan pukul 5:30 dan suhu udara sudah turun, jadi kami memutuskan untuk kembali bekerja di jalur (settingan) ini besok, karena kami berpikir ada margin keuntungan (waktu) disitu]
----

Saya bisa mengulang catatan waktu terbaik saya dengan ban yang sudah sangat aus... Artinya Rossi sudah mendapatkan settingan balap GP12 Phoenix saat ban benar-benar sudah aus. Balapan akan menarik saat ban aus seperti yang diucapkan Jorge.

Rossi menemukan settingan "BAN AUS" di Jerez yang benar-benar butuh motor seimbang karena tikungan-tikungan yang sangat banyak (layout stop n go). Mungkin saat Sepang yang merupakan track cepat, Rossi masih ragu kehandalan Phoenix saat di track belok, tapi ketika telah mencoba Jerez & hanya tertinggal 0.9s dari stoner.

Kata-kata di atas dibuktikan Rossi di hari ketiga yang bisa memotong dari 1.7s menjadi 0.9s. Walau iseng-iseng Rossi bilang sebaliknya saat sudah sukses di hari ke-3 bahwa ban aus understeer kembali? Hehehe... dasar Rossi!! Hasil membaik, komen memburuk?? Aneh...

Berikut adalah perbandingan race simulasi Jorge dan Pedrosa, dimana waktu terbaik simulasi adalah 1'40 kecil yang artinya masih sama saja dengan mesin 800cc (malah menurun), padahal simulasi dilakukan tanpa tekanan pembalap lain, sehingga catatan waktu seharusnya bisa stabil.

Rossi memang hanya sedikit melakukan simulasi balap, tapi ban yang dipakai adalah selalu ban balap, sehingga sampai kehabisan stock ban "balap". Rossi selalu mementingkan settingan balap dari jaman Honda, dan sering kalah saat test dari rekan se-tim. Tapi saat balap? Baru ketahuan aslinya!!

Catatan Rossi 1'39.733 hari ketiga Jerez = Catatan tercepat Rossi saat balap Jerez 2010 denga M-1 800cc. Artinya GP12 Phoenix sudah bisa seimbang ditikungan-tikungan Jerez yang sangat pendek dan sempit (stoner malah galau pakai 1000cc di Jerez).

Jangan lupa juga, Rossi belum pakai jurus balap 125% kemampuan seperti saat di Yamaha. Karena kalau dipakai di test, maka settingan balap tidak akan ketemu-ketemu... Tapi dengan mengatakan bahwa rasa front-end sudah enak, siap-siap saja menikmati balapan Qatar dengan kemampuan balap 125% Rossi!!!!

Foto-foto yang sudah ditampilkan bro ewindoedoel46 dipage 936, sudah menunjukkan bahwa Rossi sudah memakai super TiTo di Jerez.

Cermati kata-kata ini:

Rossi: Realistis, Belum Menargetkan Juara
http://www.gp-mania.com/rossi-realis...argetkan-juara
Saya juga berharap mesin yang lebih kuat membantu pembalap (berbadan) lebih besar seperti saya & Hayden, karena kami kehilangan terlalu banyak dari pembalap yang lebih ringan pada era 800.
Hehehehe.... Jika Stoner bisa enak mengelendot di RCV2-12 800cc dan keberatan motor di RCV2-13, maka Rossi-lah yang beruntung bisa mengelendot di GP12 1000cc Phoenix....
Are You Ready Brother???

Hallo FBR?? Rossi Okeh...
Rossifumi Ganbatte...

2 komentar:

  1. jd tak sabar nunggu 8 april ni.

    BalasHapus
  2. Yang ane liat seh Bridgestone melakukan development buat taon ini untuk 2 major item.

    1.New specification front tire

    Mengakomodasi perubahan dari 800cc ke 1 liter yang akan membutuhkan daya pengereman yang lebih besar untuk memasuki tikungan.
    Semakin telat pembalap mengerem maka ban akan menerima beban beberapa kali lipat dari kondisi normal. Pada saat yang sama panas yang terjadi didalam ban akan meningkat secara significant yang akan memaksa semua material di ban tersebut akan mencapai kemampuan maksimalnya dan memicu kerusakan ban.
    Nah pembalap yang bisa membaca kemampuan dari banlah yang akan bisa memaksimalkan potensi performa bannya, pada ingetkan Vale versus JL di Catalunya???Kalo ga bisa membaca performa ban, Vale di jamin pasti nyusruk di gravel dan bareng JL.
    Semoga front tire yang di develop sekarang bisa membuat Vale melakukan manuver sampai batas aman terakhir dari ban.

    2. Delivering improved warm-up performance

    Wah, kalo ini ane rasa sebagai feed back dari kejadian Sepang 2011.....hik..masih inget banget detilnya...
    Performa ban akan maksimal jika seluruh material dalam ban mencapai temperature kerjanya.
    Ane berharap banyak dengan improved warm-up performance, khususnya pada awal-awal lap dimana semua pembalap berebut posisi dan ban bisa bekerja dengan maksimal (padahal pas nikung yang napak ke aspal cuma seleban koin).

    Kalo untuk Bridgestone wet tire kita semua udah ngeliatkan gimana performanya bagi Ducati team pada saat test Sepang dan Jerez.

    Sekarang katanya JL kurang suka dengan performa Bridgestone 2012, kalo bagi ane ini seh tergantung kepada masing-masing pembalapnya , toh pada faktanya Vale pake used tire aja masih enak buat gas pol.

    BalasHapus