Sabtu, 03 Maret 2012

Settingan Balap dan Simulasi Balap

Settingan Balap dan Simulasi Balap
SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Settingan balap dan Simulasi Balap adl 2 hal yg tidak bisa dipisahkan dan dua2nya sangat berhubungan. Tanpa settingan balap akan sulit melakukan simulasi balap, dan tidak melakukan simulasi balap tidak berarti tidak menggunakan setting balap...

Yang patut diperhatikan adalah catatan waktu perlap setiap keluar pit (rata-rata menempuh 3-6 laps setiap keluar pit). Catatan waktu tersebut apakah mendekati catatan balap sebenarnya atau lebih mendekati catatan waktu pole position? jika sering mendapatkan waktu pole position sudah dipastikan blm pakai setting balap, dan pembalap yg sering berada dikisaran waktu balap "kemungkinan" besar sedang melakukan settingan balap.

Satu2nya pembalap yg selalu mengutamakan settingan balap adl Valentino Rossi, dan ini sudah berlaku sejak jaman jadul dimana Tohru Ukawa saja lebih cepat dari Rossi saat test, begitu balap langsung ketahuan aslinya! demikian juga yang terjadi saat Colin Edward lebih baik dari Rossi saat test. begitu balap beneran? sudah tahu hasilnya bukan?

Mau bukti sejarah? saat test Sepang Rossi masih kalah dari Ukawa 2 detik juga kalah dari daijiro katoh, bahkan kalah dari shinichi Itoh? Tetapi fakta berkata lain, dan hasilnya pun tahun 2002 dikuasai mutlak the Doctor!! masih ada yg meragukan bahwa Rossi selalu "mengutamakan" pemakaian settingan balap?? belum mengenal gaya Rossi!!


Mau tahu permainan strategi gaya team Doohan?
pura2 jelek biar dianggap sebelah mata, bahkan sempat melarang Rossi pakai RCV211 krn dikira jelek.... Padahal semua sudah pada tahu saat itu sedang mengembangkan Torpedo Sejinak Merpati RCV211 dgn sasis tipe baru!! begitu musim 2002 berlangsung, Rossi melesat & bisa mempermainkan pembalap2 lain.. dunia jadi tertipu eh terpesona!!

itulah jurus2 yg dikeluarkan JB Rossi sampai sekarang, kecuali 2011 yg terhalang sakit bahu utk bisa mencari tahu akan kejelekan GP7.
selama Rossi Fit secara Fisik, agak mustahil Rossi yang dengan kondisi 100% bisa disamai Hayden cukup dengan 70%!!!!

Sebelum kita lanjut kemasalah fakta2 catatan waktu, marilah kita lihat apa yg sesungguhnya terjadi dgn pabrikan2 motogp? sebenarnya ini sudah kelihatan di hasil test sepang I yg begitu banyak performa Palsu, tapi saya sudah bilang bahwa saingan kuat Rossi adl Jolor, bukan lagi Stoner... padahal nyaris seluruh dunia mengatakan sebaliknya. Berikut pernyataan saya bahwa Yamaha jauh lebih bagus daripada honda, yg akhirnya juga diakui oleh Nakamoto kemaren:

Gaya Balap “Super TiTo”
http://jbrossi.wordpress.com/2012/02...ap-super-tito/

Kenapa Harus Pakai Super TiTo?
Pertama2 adalah karena Stoner jago RWS dan Jolor jago TiTo. Tapi yg akan dihadapi Rossi bukan Stoner, tapi Jolor !! Super TiTo ini akan dipakai rossi utk menghadapi jolor yg sangat stabil catatan waktunya. Yamaha diluar dugaan berhasil membuat motor yg seimbang tanpa JB Rossi, mungkin hasil gabungan sasis M1-2005 dan Settingan Pneumatic ala JB Rossi.

Diakui Nyontek atau tidak… jelas di 1000cc Yamaha jauh lebih sukses membuat motor daripada Honda. Dan hanya tanda tanya masalah BBM saja yg butuh jawaban di seri2 awal….

Nakamoto: Yamaha is stronger
http://www.gpone.com/index.php/en/20...-migliore.html

HRC vice president Shuhei Nakamoto feels they no longer have the best bike on the grid. "The M1 is very fast and represents a significant obstacle for us - the manager said - we aren't at the same level. The Honda is very powerful, but the Yamaha has great handling. As a package, they have the best bike at the moment." Perhaps this is because of the chattering that Casey Stoner has lamented since the first Sepang test: "We have some other small issues to resolve, but chattering remains our main problem. It isn't so much a problem on the brakes as it is mid-corner. The frequency of the vibration changes significantly, depending on the shape and speed of the corner.

[Wakil presiden HRC Suhei Nakamoto merasa bahwa mereka tidak lagi memiliki motor terbaik didalam grid. M-1 sangat cepat dan itu merupakan hambatan besar bagi kami -kata si manajer- kami tidak berada di level yg sama. Honda sangat kuat, tapi yamaha punya handling yg bagus. Secara paket keseluruhan, mereka (yamaha) memiliki motor terbaik pada saat ini. mungkin ini karena masalah chatter yg stoner alami sejak test sepang I: kami punya beberapa isu kecil yg harus diselesaikan, tapi chatter masih merupakan masalah "terbesar" kami. "memang" tidak ada masalah saat pengereman di tengah tikungan. "Tapi" keseringan vibrasi (getaran) yg berubah sangat signifikan (makin mengganggu), bergantung pada posisi dan kecepatan "saat melibas" tikungan]

Akhirnya Honda mengakui juga bahwa Yamaha M-1 lebih kuat dr "Vibrator" RCV213. Memang inilah kenyataannya saat ini, dan kita sudah membahasnya sebulan yang lalu (berdasarkan referensi "sejarah" kasus chatter yamaha 2006)

Sekali lagi, settingan balap dan simulasi balap dua hal yg berhubungan, normalnya melakukan settingan balap dahulu baru melakukan Simulasi. Tapi tanpa melakukan simulasi, tetap bisa melakukan settingan balap. Indikatornya sangat mudah dilihat!! Lihat catatan rekor Pole Position dan Rekor Balap disirkuit tersebut diwaktu kering!!

Rekor Sepang Pole by Rossi 2009 (2'00.518) & Rekor balap by stoner 2007 (2'02.108)
Jika pembalap "kelas aliens" lebih "sering" mendekati catatan waktu pole, berarti blm menggunakan settingan balap sama sekali. dan jika pembalap lebih sering mendekati waktu balap (normalnya lebih lambat) berarti sedang pakai settingan balap.

contohnya adalah saat balap sepang 2010 (2009 basah, 2011 insiden kecelakaan Sic jd tdk bisa jadi sample). selama FP2 rossi sekalipun tdk pernah melewati rekor stoner (2'02.108) sementara Jolor beberapa kali, artinya jolor lebih mengutamakan settingan maksimal motor (boros) daripada saat balap (hehehe.. dulu kan tinggal nyontek identik).

Sekarang jolorlah yg harus bikin simulasi balap sebagai andalan utama Yamaha, jadi jangan dikira jolor lebih lambat dari Spies dan bahkan Dovizioso?? hehehehe... jolor urutan 4 dianggap bakal dilibas dovi???

Biar ada bukti data, berikut data2 tersebut:



Balapan Sepang 2009 yg melahap 21 laps dalam kondisi basah dengan stoner sebagai juara.

----------------------------------

Silahkan dianalisa lebih jauh, untuk benar2 mengetahui apa beda settingan balap dgn Simulasi Balap! apakah simulasi balap Jolor benar2 menunjukkan performa M-1 saat balapan nanti? kenapa Jolor hanya melahap 19lap bukan 21lap? nanggung kan sebenarnya [takut kehabisan BBM, susah boss di Sepang ga ada jual bensin eceran]?

tapi walau masih pakai settingan boros, tapi saya yakin catatan jolor sangat luar biasa, dan kelak hanya akan turun sedikit dari waktu tersebut... normalnya saat balap 1000cc = rekor 800cc (2'02.108) - 0.5detik = 2'01.608....
jadi rekor jolor di simulasi 2'01.189 blm 100% kenyataan..(agak konsisten di lap 7-9, yakni 2'01.811, 2'01.889 and 2'01.883. Lap 12 dan 13 mlorot lagi ke 2'02.092 dan 2'02.062, sedang 5 lap terakhir antara 2:01.7xx dan 2:01.8xx)

Tapi ingat... seperti yg sudah saya sampaikan.... Super TiTo akan dipakai Rossi utk menghadapi Jolor bukan Stoner!!

Sekali lagi!! APAKAH ROSSI JIKA FIT SECARA FISIK DALAM KONDISI 100% BISA DISAMAI DENGAN HAYDEN CUKUP DENGAN 70%????? ANDA FANS JB ROSSI BUKAN??

sumber data statistik:
Test Sepang II hari ketiga
http://css.motogp.com/media/pdf/test...02.r00ce6ec6fa

FP2 Malaysia 2010
http://resources.motogp.com/files/re...df?v4_37dca9b2

Race Malaysia 2010
http://resources.motogp.com/files/re...df?v2_69f70c26

Race Malaysia 2009
http://resources.motogp.com/files/re...df?v1_96143780

11 komentar:

  1. ane emang ga was-was bro sama tes sepang 2 kmaren,lah wong yg tes sepang 1 aja doi bisa kenceng..klo rossi mau adu kenceng2an tinggal pake settingan sepang 1 yg kmaren2..klo dilogika jg gampang dicerna..

    kecuali yg mncerna'a fans2 karbitan,yg bisa'a asal hujat aja...

    BalasHapus
  2. silahkan berharap,
    silahkan berandai-andai,
    silahkan berkhayal,
    keluarkan semua alasanmu,
    keluarkan semua alibimu,
    dan keluarkan semua kambing hitammu,
    termasuk juga sumpah serapahmu,
    satu lagi, keluarkan juga semua analisamu ......

    itu tidak akan bisa merubah KENYATAAN,
    walaupun pahit, itulah KENYATAAN,
    lebih baik menerima KENYATAAN daripada hidup dengan jiwa yang RESAH dan GELISAH,

    dan satu lagi, karena cuman itu yang bisa kalian lakukan ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. get 100 wins, and 7 MotoGP World Champion, then talk. :)
      translatenya :
      Juarai 100 GP, Menangkan 7 Juara Dunia MotoGP, baru bacot :)

      Hapus
  3. Memang yang bisa dilakukan fbs selain memuja muji stoner apa kangmas? mau meniru muntah di helem? atau cuti balap tidak jelas?
    atau memukul pembalap lain dilintasan? paranoid i-ikuti lawan?
    bikin blog khusus FBS dong kangmas! masak sih dari semua fbs tidak ada yang bisa? atau cuma komentar di blog orang yg cuma bisa kalian lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he, bikin blog itu gampang bro,
      segampang membalikkan telapak tangan,
      yang sulit adalah mengisi blog dengan informasi yang obyektif,
      bagaimana memaparkan informasi sebagai bahan PENCERDASAN untuk pembacanya,
      jangan sampai membuat blog PEMBODOHAN,
      memaparkan bukti-bukti yang menggiring opini pembacanya
      pada arah tertentu,
      tanpa menyertakan bukti-bukti pembanding lainnya,
      walau bukti itu terlihat dengan jelas,
      semakin banyak pembaca yang menjadi CERDAS karena blog kita,
      semakin banyak pula PAHALA akan mengalir,
      berkebalikan bila semakin banyak PEMBODOHAN yang dilakukan,
      semakin banyak pula DOSA mengalir ke pembuat blog,
      manusia tidak akan pernah luput dari dosa,
      tapi yang perlu ditekankan bagaimana untuk tidak menambah'nya' dengan sesuatu yang tidak perlu ..........

      peace ........

      Hapus
    2. sayangnya ente pake anonim bro... bikin id palsu napa biar enak manggil ente...

      Anonim: memaparkan bukti-bukti yang menggiring opini pembacanya << stress ente liat bukti yang dijabanin??? Kalau ada yang tergiring berarti mereka dapet pengetahuan baru... soalnya yg mereka baca BUKTI.

      ente tau BUKTI kan???
      kalau misal BUKTI di sini ente bilang ngibul...lu kasih kek BUKTI LAIN BUAT MATAHIN BUKTI DI SINI...

      KALAU MISAL YG BENER BUKTI ENTE.... NTAR ANE MURTAD DEH DAN NRALAT INI BLOG...?

      AYO Nim, Anonim kecut... kutunggu BUKTI ENTE UNTUK MATAHIN YANG DI SINI...

      ntar jangan pake anonim lagi tapi ya....

      Hapus
    3. om srondol.. kasian... lagi sibuk cari bukti di google tapi ga nemu nemu. biarin dia tuh kyknya agak agak gimana ya... minta peace tuh dia.. dah takut.... kasian om biarin aja... bikin blog seperti membalikkan tangan, tapi nulis nama aja kaga bisa... buktinya lagi dia buat di photoshop.. lg ngedit gambarnya tuh... bukan fans siapa siapa tuh orang. kasian,,, udah om mendingan kita makan siang sambil baca baca blog dan informasi lain dari sang jagoan. ayo om.... blog yang bagussss

      Hapus
    4. siap om angkatan 46...

      beneran tuh si Anonim jago photoshop? dikit2 mungkin ngerti telematika kali ya...?

      kalo gitu minta liatin gambar diatas, minta dicekin meta file-nya, asli apa palsu... wkwkwkw

      Hapus
    5. Aje gile kalau itu bukti dibilang palsu, ketahuan stress tuh orang. kayaknya kalaupun palsu, roy suryopun ngak akan bisa bikin yg kayak begitu, foto dan berita tahun 2000an begitu? nyari ukawa posisi duduk, rossi pake helm kuning, rossi dikerumunin teknisi, foto pembalap tidak terkenal. bujug boneng... itu pasti hasil scan2an, dan ada full halaman tuh kayaknya.

      tapi maklumlah oom, FBS ngiri, jangankan punya bukti, sejarah foto2 stoner sebelum 2007 aja dijamin ngak ada yg punya, selain yg ada di inet! ketahuan lah siapa yg bodoh kan? peace juga ah...

      Hapus
    6. Hmmmm, cm bisa ngomong doang,,,
      Gmna loq stoner udah ga juara, masih ad fansnya ga?
      Rossi dlm kondisi gmanapun tetap banyak yg ngedukung Dan itulah KENYATAAN
      Biarpun 2011 trpuruk tp msih lebih bnyak gelar juaranya dari stoner smpe kapanpun Dan itulah KENYATAAN
      Walaupun 2011 stoner juara, tp setiap race paddock yg paling penuh d kerubungi wartawan n fans adalah paddock dngan nomer 46 Dan itulah KENYATAAN
      Walaupun dalam kondisi paling trpurukpun gaji V ROSSI paling gede dari para juara motoGP Dan itulah KENYATAAN
      Walaupun s stoner benci vale tapi klahiran anaknya sama dngan ultah vale adalah takdir, maka terimalah itu sebagai KENYATAAN

      Hapus
  4. terima kasih masbos telah panjang lebar meberikan pencerahan soal race simulation dan settingan balap....
    nampaknya lorenso telah banyak kemajuan saat tes sepang II kmrn..
    semoga rosi bs sgr mengatasi semua problem ducatinya shg bs meramekan motogepeng lg..........
    dua jempol buat masbos!!

    BalasHapus