Selasa, 13 Maret 2012

GBHM 2013

MotoGP Rules
SALAM FANS DUCATI JB ROSSI
Hehe, maksud judulnya adalah Garis Besar Halauan MotoGP 2013 alias rumusan regulasi 2013. Di postingan soal Penambahan Berat, Kongkalikongkah Ducati? sudah kita ketahui bahwa hak veto MSMA telah habis per 31 Desember 11 kemarin. Meskipun demikian, mereka masih bisa mengajukan draft regulasi (lebih tepatnya seperti guiden sih, hehe) ataupun mengcounter proposal Dorna dengan counter yang lebih masuk akal.

Berikut beberapa draft yang diajukan dari masing-masing anggota MSMA:
Ducati melalui Mr. Pippo:
Kami bekerja dengan pikiran terbuka untuk memberikan saran kami kepada Dorna dan FIM. Setelah itu mereka akan menentukan jenis aturan untuk masa depan. Kami berusaha untuk membuat kompromi antara biaya dan kepentingan kejuaraan. Hal yang penting adalah bahwa aturannya fair dan balapan tetap menarik.
Hehe, begitu singkat dan bahasanya diplomatis... Tidak menyebutkan secara pasti detail proposal MSMA.

Next, ke HRC melalui Shuhei Nakamoto:
Saya tidak bisa mengatakan detailnya, tetapi saya pikir kami memiliki ide yang masuk akal.

Meski komentar dari para petinggi masing-masing pabrikan tidak spesifik, dapat disimpulakan beberapa "rambu-rambu" yang diinginkan pabrikan untuk musim 2013.

Rambu-rambu #1: Tidak ada perubahan desain radikal.
Nakamoto:
Jika kita benar-benar mengganti regulasi secara total (berpindah dari regulasi 2012 ke 2013), kami harus membuat sebuah mesin baru, yang berarti biaya yang besar,

Silakan cermati kata-kata Nakamoto di atas... Mengganti regulasi secara total... 2012 berat motor minimalnya 157kg, 2013 berat motor minimalnya 160kg.
Kesimpulannya >>
  1. Bakal keluar biaya lagi (ini yang dijadikan alasan Nakamoto untuk rambu-rambu #1)
  2. Bakal mendesain ulang... Hehe, tenang aja HRC... Masih ada Pedrosa kok... :p

Selain itu, di bulan Januari ketika ditanya, "Bagaimana pendapat Honda jika semua motor MotoGP menggunakan peraturan CRT?" Nakamoto menjawab, "Jika rules-nya CRT doang (tidak ada rules Pabrikan), Honda tidak tertarik."

Rambu-rambu #2: Development motor kudu jalan terus.
Masahiko Nakajima (GM Divisi pengembangan motorsport Yamaha):
Penghematan biaya adalah tujuan utama. Tetapi, jika development motor menjadi korbannya - seperti harus menggunakan spec mesin 2012 untuk 3 tahun ke depan (ala F1) - maka Yamaha tidak tertarik.
Kami balapan untuk memperkenalkan teknologi baru lalu menerapkan teknologi tersebut ke motor masal. Bagi kami, balapan bagiakan laboratorium yang sesungguhnya.

Baguslah, pengen selalu berkembang :D.

Rambu-rambu #3: Tidak ada pembatasan RPM dan ECU.
Mr. Pippo:
Pokok'e tidak ada pembatasan RPM dan dan ECU (maksudnya: tidak ada standard ECU) merupakan dua item yang penting (bagi pabrikan) tetapi di sisi lain, kita harus menemukan cara untuk ngirit.

Di sisi lain, tidak sejelas dua rambu-rambu sebelumnya. Masih ada celah... ^_^. Apakah itu?
Akhir-akhir ini sepertinya Ducati bermain pintar loh... Bukan begitu brotherhood semua FANS NEWBIE DUCATI JB ROSSI?
Awas, ada yang sirik...

Akhir kata, MotoGP 2012 nanti ada 21 motor, 12 dari pabrikan (@ 4 motor) dan 9 dari privater menggunakan aturan CRT. Adakah yang memiliki masalah dengan angka?

Yah, srondol si tukang ngarit sih berharap untuk selanjutnya tidak ada lagi korban di MotoGP, apapun itu dan siapapun mereka. Cukup "final destination"-nya diakhiri oleh 58. RIP Sic...
Mari kita sambut sang burung api!!!

Sumber: crash.net
Hallo FBR?? Rossi Pancen OYE... Rossifumi Ganbatte... Vale Sempre Tanto!!!

5 komentar:

  1. Nah,, bgini klo bikin ulasan, boleh berandai2 seenaknya, yg penting jangan jelek2in yg lain.. mantap dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mas bro, we copy... nanti sy sampaikan ke bro srondol.
      sori untuk yg lalu2...
      syg ente pake anonim...?
      thx

      Hapus
    2. Ini sapa lagi ni srondol kw?

      @anonim?
      mungkin ente pelu baca yg di sini bro...

      http://srondol46.blogspot.com/2012/03/asek-ga-asek-disitulah-yang-asek.html

      itu semua cuma bumbu bro... nikmati aja...

      Hapus
    3. _met belo...gw se7 ma loe...
      di sini hanya ada rossi Rajanya

      Hapus
  2. permainan di luar track ternyata tak kalah sengit juga :-)
    mantap mas bro

    BalasHapus