Senin, 05 Maret 2012

Yamaha: Seamless Gearbox, Kami Tak Punya Itu...

Yamaha membantah memiliki seamless gearbox
Yamaha membantah anggapan bahwa motor mereka YZR-M1 1000cc dilengkapi dengan seamless gearbox seperti yang digunakan oleh Honda dan Ducati di MotoGP.

Rumor ini muncul selama 3 hari test pra musim di Sepang minggu kemarin, dimana saat test tersebut Lorenzo dan Ben Spies merasakan perpindahan transmisi yang cukup mulus.

Bantahan keluar dari bos tim Lorenzo, Wilco Zeelenberg dengan menegaskan bahwa selama part gearbox yang baru sedang ditest, pria Spanyol itu tidak memiliki akses ke gearbox yang disebut2 media.

Dia mengatakan kepada MCN:
Kami berusaha untuk meningkatkan area itu (gearbox) tetapi kami tidak memiliki sistem seamless gearbox. Ada banyak cara untuk meningkatkan gearbox model konvensional dan cara yang paling mahal adalah memiliki perangkat gearbox baru yang lengkap tapi kami tidak memilikinya.

Kami tidak memiliki standar khusus untuk gearbox tapi kami ingin membuat transisi antar gear lebih halus dan itulah dasar pengembangan setiap gearbox.

Pemakaian elektronik yang pas juga sangat penting sama pentingnya dengan waktu untuk memindah gear dan itu penting karena motor ini jauh lebih kuat dari tahun lalu, jadi kita memiliki banyak area untuk disetting karena torsi lebih besar.

Kepala kru Valentino Rossi, Jerry Burgess kepada MCN tahun 2011 lalu mengatakan bahwa sistem gearbox Yamaha telah menjadi sistem yang sangat maju dan canggih, atau mungkin mereka telah mengadopsi gearbox seamless ala Honda.

Dia mengatakan:
Anda akan mirip dengan orang bodoh jika berpikir bahwa gearbox Yamaha bukanlah sesuatu yang istimewa. Yamaha memiliki sistem yang sangat halus dan canggih. Saya cukup beruntung untuk melihat sistem Yamaha dan bagian dalam dari gearbox F1 milik tim papan atas, dan mengetahui apa yang mereka terapkan di F1, maka Yamaha telah menyelesaikan pekerjaan yang zuper (kata Mario Teguh).

Honda mulai menggunakan sistem seamless gearbox selama kampanye pra-musim untuk kejuaraan 2011 dan keuntungan yang paling signifikan adalah melusnya ketika memindahkan gigi ke atas.

Pendatang baru di tim HRC, Alvaro Bautista dan Stefan Bradl baru saja nyletuk tentang sistem Honda selama pengujian pra-musim di Sepang.

Juara dunia Moto2itu mengatakan
Gearboxnya luar biasa. Ia memindahkan gigi dalam waktu singkat dan tidak ada gerakan geal-geol di motor bahkan ketika membungkuk (berakselerasi).

Dan mantan pembalap Suzuki, Alvaro Bautista yang kini bekerja untuk Honda Gresini menambahkan:

Gearboxnya mantab abis. Ketika berada dalam tikungan panjang dan rider harus menambah gigi, motore ora kakean obah meski mung sak milimeter (motornya tidak geal-geol meski hanya semilimeter)

0 KOMENTAR:

Posting Komentar