Kamis, 01 Maret 2012

Kiamat Sudah Dekat, Ndol...

SALAM FANS DUCATI JB ROSSI
Halo-halo Rossifumi mania. Judul asli dari tulisan ini adalah Lelucon Dibalik Mesin Jebol dan ini masih ada sambungannya dengan tulisan sebelumnya, Ada Apa Denganmu... Honda...
Bagi yang belum sempet, silakan cek KTP di sini.

Mampir baca2 di wordpress jadi tertawa2 sendiri, ternyata banyak yg komplain dengan ke-lebayan blog milik fans newbie Ducati JB Rossi... sudah tahu lebay kok masih dibaca? jadi salah sendiri jika mulai keracunan otaknya sama sejarah legendaris JB Rossi. Semakin menghujat, JB Rossi akan semakin merasuk di otaknya... hehehehe...

Penasaran sama salah satu thread yg disebut2 brotherhood di debat kusir wordpress, saya coba baca-baca, ternyata isinya juga sangat lebay, sampai2 menyebut fans Rossi pada sakit mental??? hehehe... menuduh lebay, ternyata lebih lebay.

Tapi namanya fans, ya seperti itulah kodratnya... lebay mendukung.. sama saja dengan thread kita bersama ini. Puluhan blog tentang Rossi yg membahas kehebatan rossi secara obyektif banyak sekali (bahkan sering saya jadikan sumber rujukan), tapi ternyata masih doyan mampir kemari... thread yg membolehkan para anggotanya Lebay...

Bukti artikel2 sejarah yg selalu kita tampilkan rupanya jadi pukulan telak bagi rossi hater yg tidak pernah tahu bagaimana kehebatan sesungguhnya sang Maestro JB Rossi. Saking paniknya malah bilang kita yang panik? hehehe... Ngapain panik? Lha wong terpuruk sepanjang tahun 2011 saja, thread kita masih bisa berjalan, walau tertatih2.

Ya sudahlah... mari kita melebay lagi, sebelum website2 akan membahasnya secara profesional, mari kita bahas persoalan mesin jebol "lagi-lagi" dengan sejarah JB Rossi. Kejadian honda hari ini, bukan pertama kalinya dialami sebuah team motoGP, tapi pernah dialami Yamaha di musim 2010 dan honda satelit tengah tahun 2009.

Kejadian Mesin Jebol Honda 2009 & Yamaha 2010

Tengah tahun 2009 pembalap2 Satelit honda sudah dipaksa memakai mesin berlimiter, yang akan digunakan oleh team2 pabrikan di akhir 2009 dan tahun 2010 yg benar2 memakai 6 mesin utk 18 seri balapan. Honda curi start dgn memanfaatkan team2 satelitnya, dan setelah berhasil, langsung bisa digunakan di motor2 team pabrikan.
Di musim 2010, Honda termasuk berhasil dalam mengembangkan mesin2 berlimit, walau mengorbankan team2 satelitnya dengan merusak (menjebolkan) mesin motornya. Dan yang kurang modal adalah Yamaha, karena 2 mesin jolor jebol saat sesi latihan.

Furusawa membuat mesin yang tahan utk 2400km, tapi ternyata mesin Jolor hanya tahan 1500km.. bukan hanya satu mesin tapi dua mesin yang jebol. Perkiraan yang meleset akibat salah perhitungan di dynotest.

Berikut berita curi2 start mesin ber-limiter (click gambar untuk memperjelas)
Honda RCV pakai limite

Mesin Berlimiter = Mesin dicekik = Gampang Jebol

Buat yg punya suprax125 karburator, lihat lubang kecil di kedok sayap sisi kanan mesin (posisi diatas rem kaki), disitu terlihat setelan gas/ lumpsum motor. Nyalakan motor, gunakan obeng gepeng (bukan kembang) utk memutar benda seperti baut yg ada per-nya kekanan/ kekiri utk mengecilkan/ membesarkan gas (dari lubang kecil tersebut). buat setelan gas kecil (mesin nyaris mati), naiki motor dan geber dijalanan, rasakan semut2 mulai bekerja ditangan. Lalu coba sebaliknya, besarkan settingan gas hingga mesin motor seakan2 ngegas walau tidak sedang digas. Bejek
motor tersebut dijalanan yg sama.. dijamin motor lebih enteng dan pasti bertambah boros.

Itu baru gambaran sederhana, bagaimana mesin motoGP yg RPM-nya sangat tinggi?? Mesin bertambah besar, motor bertambah berat, tapi BBM masih tetap 21 liter... cara satu2nya agar motor bisa finish adl mengurangi performa motor, yaitu dgn mencekik mesin. Sudah cuma 6 mesin per-18 seri, eh BBM tetap 21 liter.

Mau tahu bagaimana akibat pembatasan2 mesin pada tahun 2010 pada yamaha? silahkan baca artikel berikut:

Tanda Red Check Engine Motor Pedrosa
(click gambar untuk memperjelas)
Limiter berpotensi mengakibatkan mesin jebol


Indikator Check Engine (bertanda gambar mesin) biasa digunakan dimobil, & hanya motor2 canggih yg punya indikator ini. Tanda check engine sebaiknya tdk menyala saat mesin menyala, kalau kejadian maka harus segera diperiksa apa sebabnya. Jika air radiator habis dan mesin overheat, maka logo check engine akan berwarna kuning dan tdk akan hilang sampai dihapus oleh bengkel via komputer notebook/laptop teknisi.

Mobil2 eropa, misalnya BMW, isi 10liter dari tangki kosong, lalu jalankan... coba naik ditanjakan yg cukup curam, dijamin ditengah tanjakan akan mati karena "dianggap" kehabisan bensin akibat pompa bahan bakar tdk bisa menyedot
Bensin dari tangki. kita starter terus2an juga tdk akan menyala... malah dipastikan akan menyalakan check engine berwarna kuning jika lebih dari 5X menstarter.

Kalau menghadapi masalah ini, sebaiknya ganjel trus beli bensin, atau turunkan sampai tempat rata dgn stop kontak menyala (biar tidak terkunci stirnya). Jangan harap tanda check engine kuning bisa hilang tanpa software diagnosis bengkel resmi/ berlisensi.

Kejadian yg sama terjadi di motor pedrosa. Setelah melahap lebih 40 laps, dan mungkin juga sudah dipakai di sepang I. Ternyata motor pedrosa menyalakan check engine merah yg harus segera berhenti total/ dimatikan. Kalau nekat terus, dijamin mesin akan jebol dan terbakar.. karena red artinya oli sangat tipis dan mesin terancam rusak parah.

Karena sudah berpengalaman tahun 2009, HRC langsung membawa mesin pedrosa ke Jepang sambil melarang semua pembalap honda turun ke track... selain menjaga keselamatan pembalap, juga untuk melindungi data2 yang ada dimotor tersebut. Jika sampai motor jebol mesin, otomatis sebagian besar data2 yg tersimpan di ECU mesin akan ikut terbakar.

Walau hasil diagnosa mesin pedrosa aman, tapi tdk menutup kemungkinan honda memiliki PR yang jauh lebih besar dari yang terlihat. Effisiensi BBM masih parah yg menyebabkan mesin tercekik bergetar2, bahkan menyalakan Red Check Engine.
(click gambar untuk memperjelas)
Limiter berpotensi mengakibatkan mesin jebol 2

Bagaimana GP12 Phoenix?

Dari hasil test sepang I terlihat mesin Phoenix tdk mengalami kerusakan dan bisa dibawa muter track lebih 40 putaran. Inilah yg dikerjakan Ducati JB Rossi sambil jalan, memastikan bhw GP12 Phoenix tdk akan jebol mesin setelah menempuh 2500km sekalipun.

Bagaimana kisah upgrade part2 Phoenix yg diminta rossi, tapi baru ada setelah musim balap berjalan? nantikan kisah lebaynya besok malam....

Sudah tahu kan performa asli honda saat disetting balap? mesin dicekik? red check engine hasilnya....
hehehehe....

5 komentar:

  1. Bravo ducati jb rossi...!!
    posting lagi yg rame bro socket....he.he..

    BalasHapus
  2. Om srondol, ntar jangan lupa analisa ducati gp12 kug sepang 2 agak merosot om.
    Apa ada yg salah dengan GP12 atau yg lain.
    Thanks ya om,
    Salam VR46

    BalasHapus
  3. desain blognya menarik...
    perangsangnya dibanyakin ya biar rame
    salam 46 

    BalasHapus
  4. saya suka blog ini, walau lebay, tapi ulasannya masih bisa obyektif dan tidak terlalu menyinggung ................ peace

    BalasHapus
  5. Udah bro VR46... di Fakta dibalik settingan balap part 1 dan part 2...
    monggo...

    BalasHapus