Jumat, 09 Maret 2012

Super TiTo, The God's Cornering Skill

SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Seperti kita ketahui, gaya balap TiTo (Tight In Tight Out) ciptaan Rossi dan RWS TC Robotik Stoner (Rear Wheel Steering khusus TC Robotik), adl dua gaya yg bisa menekuk tikungan dgn paling kencang.... hanya bedanya, TiTo butuh keseimbangan motor karena "KUNCINYA" ada dipermainan setang yg butuh front end mantab.... sebaliknya RWS TC Robotik tidak butuh keseimbangan motor, asal motor kencang maka Stoner bisa memaksimalkan dgn setting yg sederhana bin minim (buat rider lain, mampus.com)

Sebaliknya dari sisi BBM & Ban, TiTo yg tidak memaksakan slide lebih hemat BBM & Ban, sementara RWS akan boros BBM & Ban.

Percaya atau tidak, kelebihan masing2 gaya ini akan digunakan oleh Rossi untuk menciptakan gaya balap baru, gaya balap Super TiTo... untuk merebut Jurdu ke-10 tahun 2012 ini.

Mungkin belum pernah ada yg memikirkan ini sebelumnya.... dan semoga thread Fans Newbie Lebay kita ini yg pertama kali mendengungkan apa yg sedang dipersiapkan Rossi!!!

Hal yg aneh dan sangat maksa banget... mungkin karena kepepet... Rossi selalu latihan motor Cross/Dirt Bike, walau baru kelar operasi dan cuaca masih bersalju. Dan ini juga sudah berlangsung saat sebelum liburan Natal/Tahun baru yg lalu. Biarlah kita dianggap lebay.... tapi itulah kelebihan thread kita... mengabarkan 5 hal yg belum ada, dan kelak 3 hal yg menjadi kenyataan... dan mudah2an ini hal yg akan menjadi kenyataan.

Gaya Balap Super TiTo
Gaya balap ini akan tercipta di tahun 2012, oleh Legenda Hidup Valentino Rossi... Gaya balap yg mengabungkan TiTo & RWS sekaligus... Dan ini harus dan hanya bisa dilakukan dengan TC Robotik saja!! Kalau 2013 pakai minim ECU maka tidak akan bisa digunakan lagi. Satu lagi... Gaya Super TiTo hanya bisa dilakukan dgn menggunakan motor Ducati berkatub desmodromic yg irit bahan bakar & tidak bisa dilakukan dgn mesin Pneumatic... selama ada batasan BBM 21liter.

Gaya balap Super TiTo adl gaya balap yg mengabungkan permainan setang dengan slide ala Rear Wheel Steering.... Jika kita melihat RWS ala Stoner, maka akan melihat roda belakang slide sementara setang depan agak miring dari racing line, persis seperti membalap dirt bike (roda depan agak miring utk menyeimbangkan gerakan roda belakang). Gaya RWS TC Robotik tdk memerlukan kontrol gas yg terlalu baik, lebih kepada kenekatan dan keahlian mengeserkan roda belakang. Tapi Stoner tidak bisa memakainya sepanjang lap, karena akan menghabiskan ban dan BBM, selain itu kalau kurang konsentrasi juga berbahaya. Lihatlah gaya2 RWS pembalap jaman dahulu, termasuk Rossi saat di Honda... Setiap melakukan RWS pasti roda akan berasap karena harus digeserkan ke Aspal dgn sangat keras... kalau dgn TC Robotik, tdk akan ada asap karena gesekan dibatasi oleh TC Robotik.

Jika melihat gaya balap TiTo Rossi yg asli, maka akan melihat rossi melibas racing line tikungan dgn roda depan & belakang yg mengikuti racing line tersebut. Lihatlah duel Rossi vs Jolor di Catalunya 2009 atau Motegi 2010... Dua-duanya menggunakan TiTo yg sangat sempurna. Dua2nya adalah ahli merunut tarikan gas yg sempurna (walaupun Jolor blm terbukti bisa pakai TiTo dgn M-1 minim TC). Dan sampai detik ini, hanya Rossi dan Jolor yg bisa TiTo.... dan itulah kenapa catatan waktu test Rossi dan Jolor sangat stabil... karena sudah pasti motor dlm kondisi seimbang... tidak mungkin sekali seimbang selanjutnya Tidak (beda dengan style RWS, mau terus2an RWS sepanjang balap BBM & Ban ngos-ngosan)! Sekali ber-TiTo pasti bisa berkali2 ber-Tito... hanya kecepatan nekat yg membatasi.

Bagaimana Itu Super TiTo?
Intinya tetap gaya TiTo, yaitu tetap permainan setang alias setang tetap berada di posisi lurus (tidak bengkok ala dirt bike), hanya seperti gaya TiTo yg terpeleset roda belakangnya. jadi kejadian roda belakang ngesot bukan murni ngesot ala stoner, tapi lebih kepada TiTo yg terpeleset. Jika Stoner RWS 100% maka Super TiTo hanya 80% RWS saja.

Jika dahulu saat melakukan TiTo, Rossi takut terpeleset karena akan melebar atau ndlosor keseret (jatuh low sides), maka dgn Super TiTo, saking kencengnya motor ber-TiTo, Roda belakang akan sedikit terpeleset.
Intinya: Rossi akan melakukan TiTo dgn kencang sampai ban belakang seperti sliding2 ala RWS.

Kenapa Harus Pakai Super TiTo?
Pertama2 adalah karena Stoner jago RWS dan Jolor jago TiTo. Tapi yg akan dihadapi Rossi bukan Stoner, tapi Jolor!!
Tapi anggaplah stoner yg dihadapi... RWS Stoner tdk akan sanggup menghadapi TiTo Rossi terus menerus, dan kalaupun stoner melarikan diri dari lap2 awal, rossi bisa mengamuk dengan Super TiTo yg juga sledang sliding saking kencengnya melibas tikungan... jika stoner melakukan RWS dgn sangat disengaja utk melibas tikungan (teknik utama stoner utk ngabur), dan hanya bisa dilakukan maksimal 5 laps, karena menggerus ban dan memotong tenaga (boros BBM), maka Super TiTo bisa dilakukan sepanjang laps (sekuat konsentrasi Rossi) tanpa ketakutan kehabisan ban dan BBM (BBM terbantu iritnya Desmosedici).
RWS --> Mengeserkan ban dgn sengaja utk merubah arah, krn stang sampai ban depan miring, & baru diluruskan setelah berubah arah.
Super TiTo --> Ban terlihat mengeser tapi seakan2 tidak dipaksa (alias terpeleset), yg terjadi akibat kelebihan tenaga yg tidak direm (dihentikan) secara penuh, sehingga tdk akan menghabiskan ban. (sementara RWS "Nyaris" dihentikan utk merubah arah)

Super TiTo ini akan dipakai rossi utk menghadapi jolor yg sangat stabil catatan waktunya. Yamaha diluar dugaan berhasil membuat motor yg seimbang tanpa JB Rossi, mungkin hasil gabungan sasis M1-2005 dan Settingan Pneumatic ala JB Rossi. Diakui Nyontek atau tidak... jelas di 1000cc Yamaha jauh lebih sukses membuat motor daripada Honda. Dan hanya tanda tanya masalah BBM saja yg butuh jawaban diseri2 awal....
Jika kelak rossi akan berhadapan dgn Jolor, maka akan terjadi betot2an gas (walau terukur khas TiTo - tdk bisa asal2an), maka siapa membetot gas paling puoolll dialah yg menang... dan jika TiTo dilakukan dengan sangat kencang maka akan menimbulkan terpeleset.
Nah efek terpelesetnya inilah yg "akan" dikendalikan oleh Rossi...
Maksudnya jika saking kencangnya ber TiTo, Rossi sudah siap utk mengendalikan keterpelesetan (yang ditimbulkan karena over power) dgn slide-slide ala RWS.

Kok Rossi Bisa RWS?
Walau tdk sehebat RWS TC Robotik ala Stoner, tapi Rossi sudah pernah jadi Runner-up 500cc 2000 diatas NSR 2 tak Screamer Doohan (stabilitas NSR Screamer sangat kurang untuk dibejek dengan TiTo), yg tentu saja butuh kemampuan RWS utk menaklukkannya... dan 1/2 tahun pertama 2001, Rossi masih harus pakai RWS sebelum murni menggunakan gaya balap MiMo di 1/2 musim terakhirnya, dan jadilah Jurdu GP500. Saat memakai RCV211 V-5 yg kencang...

Rossi juga sangat sering menggunakan RWS sampai membakar ban (mengeluarkan asap) utk mendapatkan tepuk tangan penonton. Dan memang sejak era 2007, seakan2 gaya RWS Rossi menghilang.... mungkin karena power motor kurang & rossi kelebihan berat/tinggi badan.

Tapi gaya tersebut akan terlihat kembali di tahun 2012 dgn Slides ala Super TiTo. Latihan2 Rossi yg pakai motor Cross/dirt bike tanpa rem depan dilakukan sangat intensif akhir2 ini-lah yg mengindikasikan Rossi akan melahirkan gaya baru di motoGP.

Hebat Mana RWS Rossi dg Stoner?
Jika sama2 minim TC, RWS stoner tidak menghasilkan juara apa2 (2001-2006 Stoner nihil titel... Mau keukeuh Stoner lebih hebat dari Rossi? << Fakta), tapi begitu era TC Robotik 800cc, RWS stonerlah yg paling sempurna (karena bantuan piranti elektronik). Seperti saya bilang, Super Tito hanya pakai RWS ala Stoner kira2 80% nya saja. Jadi kalau dilihat miringnya pasti lebih miring Stoner... tapi kalau dilihat indahnya saat melibas satu laps penuh... RWS super TiTo terlihat jauh lebih indah (it will be looked smooth mas bro)... seperti tarian sladang sliding dgn roda depan tetap jadi guiden racing lines.

Bisakah Stoner Pakai TiTo?
Tdk akan pernah bisa!! Walau memakai motor paling seimbang-pun, hanya gaya RWS stoner yg bisa membuatnya ngacir, bukan TiTo. Dan dgn motor seimbang, Stoner bisa lebih mudah ber- RWS saat ngacir. Tapi kali ini PR Chatter bin getar plus BBM irit masih jauh dari kata terselesaikan oleh Honda.

Bisakah Jolor pakai RWS?
Tdk akan bisa sehebat Stoner, karena Jolor terbiasa merunut gas ala gaya TiTo. Kelas 250cc pun ditaklukkan bukan dgn RWS tapi High Speed Cornering ala gaya Eropa, yg cikal bakal TiTo. hanya 500cc 2 tak yg mengharuskan punya gaya RWS... satu2nya NSR500cc yg enak diajak High Speed Cornering adl buatan JB Rossi (2001). Jadi seumur2 Jolor tdk pernah menyentuh teknik RWS di balapan, kecuali saat latihan motor Cross.

Siapkah GP12 Phoenix diajak ber-Super TiTo?
Test sepang I Rossi sudah mengeluarkan jurus TiTo-nya yg sedikit2 seperti sliding... artinya kemampuan akan kesetimbangan GP12 Phoenix sudah lebih dari cukup... kurang akselerasi... kalau akselerasi didapat, jadilah GP Phoenix motor super kencang yg pintar belok (Orcarbit gitu loh). Jadi... jangan heran kalau nanti sejak seri2 awal Rossi terlihat melakukan tarian sladang sliding dgn indah, dgn front end tetap lurus melibas racing lines.

Kelamaan Dikungkung di terali besi... Singa Rossi ternyata mengasah kuku supernya ke besi penjara. Siap2 berperang menghadapi singa2 Muda memperebutkan daerah kekuasaan!!

Berikut kumpulan video TiTo & RWS

Rossi Latihan dirt bike kagak pake rem depan


Garry McCoy RWS


Stoner melibas tikungan dgn roda depan tidak lurus (gaya dirt bike)


Stoner RWS (memaksa ngesot utk bisa belok)


Rossi RWS dgn RCV211 990cc


Tarian dua dewa TiTo (Rossi Vs Jolor Catalunya)


Mari... menyambut gaya Balap tertinggi yg pernah Ada!!
Diciptakan untuk Memaksimalkan GP12 Phoenix...

Hallo FBR? Rossi puancen okeh... Vale sempre tanto!!!

2 komentar:

  1. hahaha paantu rws gaya rossi kyk takut jatuh,gk berani miring kyk stoner payah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaka... ketahuan belum tahu rossi udah miring kayak stoner, bahkan lebih hebat!

      Hapus