Jumat, 09 Maret 2012

Valentino Terlalu Bagus Untuk Ducati

Valentino Rossi Terlalu Bagus Untuk Ducati
SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Ini adalah kutipan wawancara dengan Masao Furusawa saat diwawancarai Peter McLaren menjelang akhir karirnya... Ia pun tak sedikit menyebutkan nama Valentino. Begitu respectnya sang kakek, sampai ia meramalkan kebangkitan Ducati yang bakal merepotkan pabrikan Jepang. Selanjutnya, tulisan ini akan coba disambung dengan posting lebay lainnya berjudul: GP12, Desmo ber-DNA Orca.

Q: Melihat ke M1 jadul. Aku ingat versi pertama menggunakan karburator.

Furusawa: Ya. itu di 2002. Untuk 2003 saya merekomendasikan mengubahnya dari karburator ke sistem injeksi bahan bakar dan chain-driven camshaft.

Saya selalu melihat masalah layaknya sebagai orang luar, seorang konsultan, mencari dan merekomendasikan ini, ini dan ini. Tapi melakukan ini (ganti dari karbu ke injeksi) sungguh berbeda. Sungguh kejutan besar ketika aku terjun ke MotoGP pada tahun 2003. 'Wow! Ini semua tanggung jawab saya.

Dan hasil di tahun itu [hanya sekali podium] sangatlah buruk. 2003 bagaikan neraka!

Saya pikir ada banyak hal yang salah, tapi aku adalah orang baru di dunia balap, sehingga ide itu (merubah ke injeksi) merupakan gagasan pribadi dari pemikiran logis, analisis dan pengalaman. Realitas tidak selalu sama. Jadi beberapa orang berpikiran skeptis. Mereka melihat ke saya dan berpikir 'kita memahami apa yang Anda katakan, tetapi kenyataannya berbeda.'

Sangat sulit untuk meyakinkan semua orang untuk menuju arah yang sama. Jadi saya melakukan beberapa trik. Saya datang dengan ide yang cukup bagus - crossplane crankshaft [memanfaatkan teknologi 'big bang'] - lalu setelah saya bergabung dengan MotoGP saya mulai mendesain. Setengah tahun kemudian prototipe pertama diuji di sirkuit dekat markas Yamaha.

Semua orang penasaran dan hal pertama yang dikatakan test rider adalah 'motor ini terasa lambat.' Jadi semua orang menatapku, berpikir 'Hmmm. Anda adalah orang yang memikirkan hal ini...' Dan kemudian test rider berkata 'Tapi lap time-nya sangat cepat. Motor ini terasa lambat karena sangat, sangat halus dan stabil.'

Itu waktu Natal tahun 2003. Kemudian Valentino Rossi datang ke Yamaha dan naik untuk pertama kalinya di sini [di Sepang] pada Januari 2004. Dia benar-benar jenius. Dia naik sepeda crossplane selama lima atau enam lap dan kemudian kembali dan berkata 'motor ini adalah yang terbaik'. Meskipun lambat, karena powernya kurang.

Saya telah menyiapkan banyak kombinasi untuk dicoba Valentino: sistem empat-katup, lima-katup, crossplane, dan single plane. Dan dia memilih motor ber-crankshaft crossplane dengan sistem empat-katup.

Sebelumnya, semua orang sangat takut untuk mencoba mesin baru, karena untuk waktu yang lama Yamaha telah berhasil dengan model lima-katup. Orang-orang mengatakan 'Bagaimana Anda bisa membuang sistem lima-katup?'

Sy berkata 'Ini adalah sistem yang sangat menarik. Ini sangat menyenangkan untuk motor produksi masal, tetapi tujuan balap tidak sebatas bersenang-senang. Fun ok-ok saja, tapi hal pertama yang harus kita lakukan adalah menang. Masalah yang kita punyai adalah Yamaha selalu kalah dalam balapan selama lebih dari sepuluh tahun. Jadi kita harus berubah.'

Jadi sistem empat-katup dan crossplane crack shaft adalah yang terbaik, tapi (model ini) juga merupakan desain baru (critanya mirip crita lahirnya GP Phoenix... Desain twin spar aluminum chassis, mesin konvigurasi V-90 derajat), itulah mengapa power-nya begitu lambat. Tapi meskipun begitu, Valentino masih menunjuk ke mesin itu dan mengatakan 'Yang ini nih...'

Q: Adakah pelajaran yang Anda ingin diingat oleh orang-orang di Yamaha, bahwa sesuatu mungkin tidak selalu menghasilkan score terbaik di atas simulasi desain, tetapi hal yang paling penting untuk diingat adalah hubungan manusia dengan mesin?

Furusawa: Benar. Dan Anda perlu ingat bahwa Valentino merupakan sosok mirip Raja. Kami semua berkumpul di sekitarnya ketika dia datang setelah mencoba motor untuk mendengarkan apa yang dia katakan - apakah dia memberi 'jempol ke atas' atau 'jempol ke bawah' terhadap ide2 kita?

Jadi, ketika Valentino memberikan 'jempol ke atas' untuk sistem empat-katup dan crossplane crack shaft semua orang tahu itu adalah jalan ke depan (untuk dilalui) dan bekerja ke arah yang sama. Kami tidak punya banyak waktu. Hanya dua bulan sebelum balapan di Afrika Selatan. Jadi saya benar-benar berutang banyak terima kasih kepada Valentino untuk membuat pilihan yang jelas dan benar.

Saya telah menunjukkan beberapa hasil dan bukti [untuk mendukung perubahan mesin dari lima-katup ke empat-katup] dengan prototipe yang diciba pada jalur uji, tapi mungkin hanya 50 persen orang yang berpikir 'ok saya akan mengikuti Anda.' 50 persen lainnya masih berpikir 'ini bukanlah realita di trek balap.'

Tapi setelah Valentino mengatakan 'ya', semua orang tahu itu adalah hal yang benar dan kami bisa mendapatkan banyak kekuatan dari orang-orang yang semuanya bekerja sebagai sebuah tim. Itulah salah satu alasan mengapa kami memiliki hasil yang baik seperti itu.

Mungkin jika Valentino tidak datang ke Yamaha, saya pasti... [bercanda, tangan dijeratkan di leher, seperti orang gantung diri!]

Q: Sebagai catatan, Valentino tidak di Yamaha lagi. Dia telah pergi ke Ducati. Sepertinya mereka juga membuat banyak perubahan untuk tahun pertamanya.

Furusawa: Sejarah terulang. Kau tahu Filippo [Preziosi, Dirut Ducati Corse] datang kepada saya dan mengajukan banyak pertanyaan. Pertanyaan terakhirnya adalah 'akankah Anda datang ke Ducati?' [Tertawa]. Tidak, tidak, tidak. Pokoknya saya memberinya banyak petunjuk untuk menang dan sepertinya ia mengamini strategi saya.

Q: Wow! Itu sangat mengejutkan. Kapan dia datang dan berbicara dengan Anda?

Masao Furusawa: Sebelum tes Valencia. Sebelum Valentino mengendarai Ducati untuk pertama kalinya.

Q: Bolehkah saya tahu apa yang Anda katakan kepada Filippo, atau beberapa nasihat yang Anda katakan kepadanya?

Masao Furusawa: Ya. Hal pertama yang ia lakukan, adalah mengundang saya dan istri saya untuk mengunjungi pabrik Ducati. Karena saya penggemar Ducati, hal itu benar-benar menyentuh hati - yang kumaksud adalah motor produksi masal. Bukan MotoGP! Saya bukan fan lawan saya di lintasan balap!

Kemudian Filippo melakukan proses yang hampir sama seperti yang saya lakukan kepada Rossi di 2004. Dia menyiapkan mungkin dua atau tiga jenis motor di Valencia. Dan Valentino memilih satu yang paling 'OK'. Tapi mulai sekarang saya tidak ingin mengatakan apa-apa.

Sepertinya sekarang Valentino sedikit bingung dengan Ducati... Itu baik (bagi Yamaha, -musuhan boss)! Tapi tetap saya menjaga persahabatan yang baik dengan Valentino. Kadang-kadang ia telpon dan saya memberinya beberapa petunjuk kecil. Sebuah petunjuk.

Saya pikir kita bisa menjaga hubungan yang baik satu sama lain - dan saya perlu tanda tangannya untuk poster! Aku masih penggemar Valentino.

Q: Bagaimana perasaan Anda ketika Anda sedang menonton Jorge dan Valentino berjuang dempet-dempetan di Motegi tahun lalu? Dari gambar TV Anda tampak santai, dibandingkan dengan beberapa orang lain dalam tim...

Masao Furusawa: Hal ini menarik untuk saya. Segala sesuatu memiliki dua sisi. Untuk menjadi insinyur yang baik untuk balapan, Anda harus memiliki banyak kesenangan dan gairah. Tapi jika Anda memiliki gairah yang kuat, hampir gila, itu terlalu banyak. Visi Anda begitu sempit. (Liat tuh, Furusawa aja terhibur dengan aksi battle Valentino... Seorang insinyur boss, mikirin mesin mlulu ya jadi cekak deh otak... Butuh refreshing, dan untungnya disuguhi battle kelas dewa...)

Saya akan mengatakan bahwa saya memiliki pikiran yang jauh lebih terbuka, visi lebih luas daripada 'orang gila'! Tapi kelemahannya adalah mungkin tidak begitu profesional untuk urusan balap. Tapi pada saat yang sama saya selalu menghitung, menganalisis dan menggunakan banyak logika, yang berbeda dari sebagian besar metode empiris dalam balap.

Bagi saya itu benar-benar baik, karena semua orang di sini sangat gila ketika mereka menonton balapan. Mereka begitu bersemangat. Aku cukup banyak bersantai. Saya bersemangat, tapi lebih sedikit daripada orang-orang khas di paddock.

Saya selalu berusaha pas di balap, tanpa banyak air mata dan teriakan. Saya tidak terlalu tinggi atau rendah. Meskipun, jujur ​​saja, menang lomba pertama dengan Valentino di Afrika Selatan sangat menarik. Satu orang dalam tim pingsan, beberapa orang menangis dan ada yang melompat ke dalam kolam ...

Q: Apakah Anda mengatakan bahwa kemenangan, di balapan pertama Rossi untuk Yamaha, adalah saat yang paling Anda ingat selama Anda di MotoGP?

Masao Furusawa: Ya. Itu adalah memori yang baik untuk saya.

Q: Di tempat Valentino Anda memiliki Ben Spies, yang membalap disamping Jorge Lorenzo. Seberapa banyak yang telah dikembangkan Jorge untuk motor di masa lalu dan dapatkah ia mengembangkan motor seperti yang telah Valentino lakukan untuk masa depan?

Masao Furusawa: Ada perbedaan usia yang besar antara Valentino [31] dan Jorge [23]. Jorge masih muda dan seorang 'anak aneh'. Dia masih tumbuh dewasa. Sejauh ini dia hampir tidak memiliki pengetahuan untuk mengembangkan sepeda, jujur, tapi aku sangat mengharapkan untuk melihat dia di beberapa tahun mendatang. Dia berubah banyak.

Tahun pertama ia datang ke Yamaha [2008] dia sering jatuh dan ia ingin mengubah motornya. Jadi, saya berbicara kepadanya dan berkata 'tolong, ubahlah gaya Anda sesuai motor.' Saya mengatakan hal yang sama persis kepada Valentino, dan Valentino mengubah riding style-nya hanya dalam 10 detik. Jorge adalah orang baru di MotoGP jadi dia membutuhkan waktu lebih lama.

Keuntungan kami dengan motor ini adalah dalam halusnya handling dan juga kecepatan di tikungan. Tidak begitu cepat di trek lurus dan model stop-start. Lalu Jorge memahaminya dan kemudian di tahun lalu dia belajar banyak hal, hampir tidak ada crash dan berada di podium hampir setiap waktu. Sekarang dia begitu cerdas. Hampir menyerupai Valentino (kasian boss kalau tidak dianggap... ntar mentalnya jadi kacau)

Ben juga pandai dan kombinasi dua orang itu sangat baik. Dan, terima kasih sekali lagi kepada Valentino, dia dan saya mengembangkan motor dan semua yang kita butuhkan mulai sekarang hanya sedikit set-up dan modifikasi.

Q: Apa kesan Anda dari saingan utama Yamaha di MotoGP, Honda dan Ducati?

Masao Furusawa: Honda kini berbenah sangat banyak dan melaju cepat di sini. Ducati mengerjakan sesuatu yang salah (ada sih input selama 4 tahun, sayangnya salah arah boss, harusnya ngalor malah ngidul, harusnya ke kanan malah ke kiri. Yang ngomong bukan dari hater ya, tapi dari mulut seorang insinyur!!! Ingat tong!!!). Mungkin Valentino terlalu bagus untuk Ducati, jadi itulah yang membuat 'kebisingan' lain (jelas lah banyak request, lah wong salah kaprah, bertahun-tahun lagi. Toh yang dimintain fine-fine aja tuh :p)

Tahun lalu Nicky Hayden membalap lebih baik, tetapi pada tes ini ia belum begitu cepat. Tetapi cepat atau lambat Ducati akan datang. Saya yakin Valentino akan membantu Ducati sangat banyak, tetapi ada baiknya juga sih delay ini untuk Yamaha.

Pesaing terkuat jelas Honda. Honda begitu lapar untuk mengalahkan Yamaha. Biasanya Honda lebih baik dari Yamaha, dengan Yamaha memenangkan lima titel [rider] dalam tujuh tahun terakhir - banyak orang di Honda ingin membunuh saya [tertawa] Banyak orang telah dipecat di Honda dan staf selalu berubah.

Q: Apa yang menurutmu merupakan permasalahan untama di kubu Honda?

Furusawa: Secara historis, keunggulan Honda biasanya dari sisi teknis. di samping pendirinya, Soichiro Honda, ada banyak insinyur hebat di Honda. Kemudian sekitar tahun 2003 mereka menjadi mungkin sedikit arogan dalam balap. Mereka percaya siapapun ridernya bisa juara asal pakai Honda (Nglindur tong? Shogun 125 ane lawan Supri 125 juga bisa ngasepin tuh... Lawan MX asal badan sehat, motor sehat, kondisi jalan rame, butuh skill juga menang...)

Itulah sebabnya Valentino begitu kecewa dengan Honda. Jika tidak, mungkin aku tidak pernah bisa mendapatkan Valentino, jadi terima kasih sangat banyak kepada Honda! Tapi Honda belajar sesuatu dari kesalahan mereka dan sekarang Honda ingin mendapatkan seorang pengendara yang baik, seperti Casey Stoner. Lalu mereka berencana untuk menggabungkan sepeda hebat dengan pengendara hebat untuk menangkap dan mungkin suatu hari nanti mengambil alih Yamaha. Saya harap tidak.

Impianku adalah memukul Honda, bahkan sebelum saya bergabung dengan Yamaha. Salah satu mimpi menjadi kenyataan - saya mengalahkan Honda di balapan - tapi saya tidak mengalahkan Honda untuk sepeda produksi [penjualan]. Saya menerapkan teknologi MotoGP di M1 ke R1, tetapi R1 tetap tidak berhasil. Meskipun demikian masih memiliki penjualan yang baik di kelas 1000cc, tetapi kita perlu melakukan sesuatu yang lebih dan saya sudah kehabisan waktu.

Jadi 50 persen dari mimpi saya menjadi kenyataan. Ini tidak begitu buruk. Aku sangat menikmatinya dan kini saatnya untuk melanjutkan.

Q: Berapa banyak keterlibatan langsung yang telah Anda lakukan untuk desain M1 tahun ini?

Masao Furusawa: Saya lebih ingin kembali dan mengacu (pada settingan lama, jaman masi ada Rossi), tetapi kadang-kadang saya akan datang dan menyarankan sesuatu jika saya pikir itu diperlukan. Lalu saya sedikit memudar, seperti prajurit tua! Sekarang sepeda terlihat cukup baik. Jika sesuatu terjadi mungkin aku akan kembali, tapi sangat untuk waktu yang sangat terbatas karena saya akan sangat sibuk dengan proyek saya sendiri.

-----------------------
Udah, cukup sekian. Capek translate mas boss

Nantikan kisah lebay selanjutnya di postingan: GP12, Desmo ber-DNA Orca.

Hallo FBR?? Rossi Puancen Okeh... Vale Sempre Tanto!!!

1 komentar:

  1. Ane seneng dengan tulisan ini "Masao Furusawa: Honda kini berbenah sangat banyak dan melaju cepat di sini. Ducati mengerjakan sesuatu yang salah (ada sih input selama 4 tahun, sayangnya salah arah boss, harusnya ngalor malah ngidul, harusnya ke kanan malah ke kiri. Yang ngomong bukan dari hater ya, tapi dari mulut seorang insinyur!!! Ingat tong!!!)"

    BalasHapus