Kamis, 08 Maret 2012

Vibrator Di Tubuh RC213V

SALAM FANS DUCATI JB ROSSI

Sebelum berbicara lebih jauh masalah chatter, marilah kita baca komentar Shuhei Nakamoto bagaimana kisah Chatter yang ada di motor Honda.

Which is better - 2012 Honda or Yamaha?
http://www.crash.net/motogp/news/177...or_yamaha.html

Asked in detail about Honda's persistent chatter issue, Nakamoto explained:
The change to the new [2012] tyres gave us a very bad chattering problem. We tried to fix the chattering problem from the Brno test [in mid-August]. We changed the chassis specification at the Motegi test - when Marco [Simoncelli] tested - then again we changed at Valencia test, and again at Sepang I. We are still investigating to fix this problem.

Highlighting the complexity of the issue is that they are trying to solve three different types of vibration during cornering.
The chatter only occurs in cornering. Not braking. But we have three different types of chatter: Corner entry, middle and then exit. The frequency [of the vibration] is different for each - for example low frequency, high frequency, then back to low again.

Asked if Honda would need to build another chassis to improve the issue for the start of the year, Nakamoto replied:
I don't know. Unfortunately Honda never make a very good handling chassis historically! I want it, but...
Nakamoto, who joked
if possible, I want to buy the Yamaha chassis,
also declared:
Our machine is not so fast, our riders are very fast.

Terjemahan lebay:
ditanya detail tentang masalah chatter di Honda, Nakamoto menjelaskan:
Perubahan ke ban baru speck 2012 memberikan kami masalah chatter yang sangat buruk. Kami mencoba utk memperbaiki masalah chatter sejak test Brno (tengah agustus 2011). Kami merubah spesifikasi sasis saat test di Motegi- ketika (alm.) Super Sic mencobanya- kemudian kami ganti lagi di test Valencia, dan lagi2 kami ganti di Sepang I. Kami masih menginvestigasi untuk menyelesaikan masalah ini.

Menyoroti kompleksitas isu chatter ini, Honda masih mencoba menyelesaikan 3 (tiga) type vibrasi yang muncul selama "melibas" tikungan.
Chatter hanya terjadi saat melibas tikungan. Bukan saat pengereman. Tapi kami punya 3 tipe chatter yg berbeda: Masuk tikungan, ditengah tikungan, dan saat keluar tikungan. Frekuensi (dari getaran chatter) berbeda-beda di tiap titik (masuk tikungan, tengah tikungan, dan keluar tikungan) - contohnya jarang, sangat sering, dan kemudian kembali kejarang "bergetar" lagi.

Saat ditanya apakah honda akan membuat sasis baru lagi utk memperbaiki sasis isue saat mulai musim baru (Seri Qatar), nakamoto menjawab:
Saya tidak tahu. Sialnya, dalam sejarahnya Honda tidak pernah membuat sasis yg gampang dikendalikan! saya ingin punya sasis seperti itu, tapi...
Nakamoto dgn bercanda mengatakan
Jika mungkin, saya ingin membeli Sasis Yamaha,
juga mengatakan:
Mesin kami tidak terlalu cepat, tapi pembalap kami sangat cepat

----------------------------------------

Ternyata Masalah Chatter Honda sudah ada sejak tengah agustus, saat test Brno!! Honda merubah sasis di Motegi, lalu merubah lagi di Valencia, dan Sepang I sepertinya Sepang II juga). Bahkan terungkap jika chatter seringkali terjadi dan sangat mengganggu saat melibas tikungan. Sirkuit A jarang terjadi, Sirkuit B sering terjadi, C Jarang, D sering... bergantung dari jenis tikungan dan kecepatan saat melibas tikungan! wekekeke.. tidak berbeda dgn kasus Yamaha tahun 2006.

Saat itu JB Rossi dan Yamaha Furusawa baru berhasil memperbaiki masalah chatter setelah 1/2 musim lebih... yang menyebabkan rossi tertinggal jauh dari hayden... dan saking semangatnya, akhirnya rossi berhasil mengejar hayden di seri 16 (dr 17 seri), itupun saat hayden kesengkat sama pedrosa di portugal... dan akhirnya tetap gagal jurdu 2006 krn jatuh dan finish ke-13 diseri Valencia... hanya minus 5 point dari hayden.

Chatter oh Chatter... binatang apakah kamu ini? Dulu Legenda Balap JB Rossi saja yang mengerti setting motor bisa ancur2an kena mogok dan pegel linu saat naik vibrator M-1 2006, bagaimana Honda ya??

Dari tengah agustus 2011 (Test Brno) ganti sasis di test motegi, lalu ganti di Valencia, trus ganti lagi di Sepang I, sampai Maret 2012 (Sepang II) belum juga kelar.... Nantikan saja kisah selanjutnya!!

Dan bagaimana kisah sejarah chatter Yamaha M-1 2006, silahkan dibaca artikel2 berikut:

Asal muasal Chatter 2006 --> Rossi pingin nambah tenaga, tapi pengembangan ditinggal:

Setelah Nyadar Chatter Parah, Rossi menginginkan pemakaian sasis M-1 2005, tapi tidak mungkin dilakukan:

Kisah chatter Rossi di balapan 2006:

Belum juga urusan BBM terpecahkan eh Chatter makin merajalela…. Apakah ada hubungan BBM (cekik mesin) dgn Chatter ?? Kan udah gonta ganti sasis blm kelar juga !!

Clue : baca artikel2 kasus chatter M-1 2006… karena nambah tenaga/rpm jadi bergetar. Lagipula 7 kg tambahan berat dari 800cc ditaruh di mana? ubah mesin? ubah sasis? yg jelas rombakan total… hehehehe…. trus baca lagi pernyataan Nakamoto, kasusnya mirip banget!!

Hallo FBR??? Rossi Okeh, Vale Sempre Tanto!!

0 KOMENTAR:

Posting Komentar